Netral English Netral Mandarin
18:20wib
Kemunculan varian baru Covid-19 Omicron (B.1.1.529) makin menggemparkan dunia sejak ia pertama kali diumumkan beberapa waktu lalu. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga meminta Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk tidak bertindak selayaknya Direktur Utama (Dirut).
Attaturk Akan Menjadi Nama Jalan di Jakarta

Senin, 18-Oktober-2021 15:20

Presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk
Foto : Istimewa
Presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Ataturk
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Nama presiden pertama Turki, Mustafa Kemal Attaturk akan diabadikan sebagai nama sebuah jalan di Jakarta.

Penamaan Jalan Attaturk itu merupakan bagian dari kerja sama pemerintah Indonesia dengan Turki. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, saat ini belum bisa memastikan lokasi ruas jalan mana, apakah di Menteng, Jakarta Pusat atau lokasi lain.

"Jadi sama-sama ini Insya Allah bagian dari kerja sama antara Indonesia dan pemerintah Turki," kata Riza.

Namun demikian, Riza berjanji akan mengumumkan lokasi nama jalan yang rencananya bernama Ataturk itu dalam waktu dekat. "Nanti akan kami sampaikan," ujar Riza.

Nama Mustafa Kemal Attaturk menjadi sebuah nama jalan di Jakarta, lanjut dia, merupakan keinginan kedua negara.

"Jadi memang ada keinginan dari kedua negara agar ada nama dari kita yang di Turki dan nama tokoh dari Turki di kita," imbuh Riza.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dalam konferensi pers terkait kunjungan bilateral ke Turki pada 12 Oktober 2021 mengatakan Pemerintah Turki telah memberikan nama Jalan Ahmet Soekarno di Ankara.

"Pemerintah Turki telah menganugerahkan nama jalan di depan kantor KBRI Ankara yang baru dengan nama Jalan Ahmet Soekarno," ucapnya.

Belum diketahui terkait realisasi rencana penamaan tokoh Turki tersebut yang diabadikan menjadi nama jalan di Jakarta.

Menlu Retno menyebutkan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan rencananya akan berkunjung ke Indonesia pada awal 2022 mendatang.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP

Berita Terkait

Berita Rekomendasi