Netral English Netral Mandarin
01:23wib
Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan hanya membuka akses enam pintu masuk kedatangan perjalanan internasional untuk WNI. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mengatakan ada kemungkinan turis mancanegara bisa kembali mengunjungi Indonesia pada 2022 mendatang.
Aturan Baru! Calon Penumpang Pesawat Wajib Aplikasi PeduliLindungi

Kamis, 05-Agustus-2021 18:30

Calon Penumpang Pesawat Wajib Aplikasi PeduliLindungi
Foto : Istimewa
Calon Penumpang Pesawat Wajib Aplikasi PeduliLindungi
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - PT Angkasa Pura II (Bandara AP II) meminta para calon penumpang pesawat untuk mendownload aplikasi bernama PeduliLindungi. Aplikasi itu sudah mulai diterapkan 1 Agustus lalu. 

Aplikasi tersebut digunakan khusus untuk memproses keberangkatan penerbangan. Pihak bandara AP II sudah melakukan sosialisasi sejak Juli 2021 dalam rangka familiarisasi.

Dalam periode tersebut sudah ada 8.000 penumpang pesawat yang tercatat masuk sebagai pengguna aplikasi PeduliLindungi di bandara AP II.

Aplikasi PeduliLindungi ini digunakan sesuai dengan penerapan Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor 847/2021 tentang Digitalisasi Dokumen Kesehatan Bagi Pengguna Transportasi Udara yang Terintegrasi Dengan Aplikasi PeduliLindungi.

Setelah periode pengenalan selesai, maka sejumlah bandara perseroan bakal mulai menerapkan SE Nomor 847/2021 dengan penuh.

"PeduliLindungi memastikan proses validasi dokumen kesehatan penumpang pesawat di bandara dilakukan secara digital sehingga lebih aman, cepat, mudah dan sangat mendukung protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dikutip dalam keterangan resminya.

Keunggulan dari adanya aplikasi PeduliLindungi dapat membantu pihak bandara sebagai Terminal Access Control atau kontrol akses terminal, Check-in Counter Access Control atau kontrol akses konter check-in, dan Health Validation Process Control atau proses kontrol validasi kesehatan.

"Menyusul hal tersebut maka calon penumpang di bandara AP II harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan," ujarnya.

Tak hanya memudahkan pihak bandara saja tetapi aplikasi PeduliLindungi juga dengan mudah dapat membantu penumpang dalam memproses keberangkatan yang lebih sederhana, meminimalkan kontak fisik.

Para calon penumpang juga tidak akan report lagi untuk harus membawa dokumen kertas hasil tes swab/PCR atau kartu vaksinasi Covid-19 karena mereka hanya perlu menunjukkan QR Code yang ada di aplikasi PeduliLindungi di konter check-in dan setelahnya muncul notifikasi kepada petugas check-in agar dapat memastikan calon penumpang memenuhi persyaratan dokumen kesehatan. 

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani