Netral English Netral Mandarin
20:34wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Awas Hoaks, Pesan WA Soal Dana Bantuan Covid-19 Sebesar Rp 500 Ribu Mengatasnamakan Kemensos

Selasa, 10-Agustus-2021 17:05

Hoaks
Foto : Martina Rosa
Hoaks
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Akhir-akhir ini, banyak masyarakat yang mengaku mendapatkan pesan WhatsApp (WA) berupa situs website yang mengatasnamakan atau memuat logo Kementerian Sosial (Kemensos). Pesan tersebut berisi kuisioner untuk mendapatkan bonus dana bantuan Covid-19 sebesar Rp 500 Ribu, dengan cara menjawab beberapa pertanyaan atau survey pada situs.

Tidak sampai di situ, mereka yang menjawab pertanyaan atau survey lantas diminta membagikan ke orang lain melalui pesan WA. Maka tidak heran, mungkin akhir-akhir ini Anda menjadi salah satu yang menerima pesan tersebut.

“Dana Bantuan Coronavirus Baru 

Selamat!!

Bonus Anda adalah Rp 500.000, ikuti petunjuk di halaman berikutnya untuk mengklaim bonus Anda! 

https://d-evnwhats.xyz/i/Nationalday/?show=1,” tulis laman tersebut.

Mengetahui hal ini, pihak Kemensos langsung memberikan klarifikasi dan memastikan informasi itu hoaks alias berita bohong. Kemensos imbau masyarakat bisa saling mengingatkan sebelum membagikan informasi yang belum tentu benar. 

“Pesan tersebut adalah hoaks. Kementerian Sosial tidak pernah membuat situs web untuk pendaftaran penerima bonus dana bantuan Covid-19 sebesar Rp 500.000,” tulis Kemensos, dikutip dari unggahan resmi di Media Sosial Instagramnya, Selasa (10/8/2021).

Sebagai upaya penanganan dampak pandemi dan selama PPKM berlangsung, pemerintah melalui Kemensos memang mengeluarkan program-program perlindungan sosial. Diantaranya adalah Program Kelaurga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai, Bantuan Beras, serta mendirikan dapur umum untuk masyrakat yang terdampak 

Untuk mengecek kepesertaan bantuan sosial, dapat melalui situs webite https://cekbansos.kemensos.go.id bukan melalui website hoax yang beredar akhir-akhir ini.

“Terdapat situs hoaks yang mengatasnamakan @kemensosri. Yuk saling mengingatkan, pastikan saring sebelum sharing ya,” pesan Kemensos. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wahyu Praditya P