Netral English Netral Mandarin
19:10wib
Hingga matchday kedua Euro 2020 (Euro 2021) terdapat satu negara yang sudah dipastikan tersingkir dari ajang sepak bola antarnegara paling bergengsi di Benua Biru yaitu Makedonia Utara. Indonesia sedang didera lonjakan kasus Covid-19 di sebagian besar daerah. Peningkatan kasus ini terlihat dari keterisian tempat tidur di rumah sakit oleh pasien Covid-19.
Awas Menyesal Kalau Sampai Tak Kebagian, Inilah 10 Hidangan Ikonik Sajian Hari Lebaran

Rabu, 05-Mei-2021 20:03

Rendang, masakan khas Sumatera Barat yang kerap disajikan saat Lebaran.
Foto : indonesia.travel
Rendang, masakan khas Sumatera Barat yang kerap disajikan saat Lebaran.
3

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hari Raya Idul Fitri tentu saja menjadi momen yang penuh kebahagiaan bagi Umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Sama seperti saat Ramadan, ragam hidangan ikonik pun tak pernah absen melengkapi indahnya perayaan Idul Fitri.

Meski masih dalam kondisi pandemi, aneka hidangan ini pun mungkin tetap menjadi menu makanan yang banyak disajikan pada hari raya nanti.

Seperti dikutip dari laman indonesia.travel, Rabu (5/5/2021), inilah 10 hidangan ikonik yang kerap disajikan saat Lebaran.

Kira-kira, di daftar ini ada hidangan favorit kamu nggak ya?

1. Ketupat

Ketupat menjadi salah satu hidangan yang khas dan erat hubungannya dengan perayaan Idul Fitri di Indonesia. Menu wajib ini merupakan olahan beras yang dimasak dalam anyaman daun kelapa atau janur dan biasanya menjadi pengganti nasi saat santap bersama keluarga di momen Lebaran. Kamu tahu nggak nih, ternyata ketupat memiliki aneka bentuk anyaman yang unik, lho! Beberapa bentuk ketupat yang paling umum adalah ketupat bawang, ketupat luwar, dan ketupat tumpeng. 

2. Opor

Hidangan opor di Hari Raya Lebaran biasanya terdiri dari campuran ayam, telur, dan juga tahu. Opor paling nikmat saat disantap bersama ketupat dan juga taburan bawang goreng. Apalagi jika ditambah kerupuk udang, rasanya bisa bikin ketagihan! Nah, rahasia gurih dan kaya rasanya kuah opor ini terletak di bumbu dasar kuning yang ditumis, kemudian dimasak bersama santan hingga kuah meresap ke dalam bahan-bahan di dalamnya. Pokoknya, kalau Lebaran wajib banget menyantap menu yang satu ini, deh!

3. Semur

Selanjutnya, ada juga semur yang hadir dengan rasa manis gurih yang menggoyang lidah. Semur sendiri biasanya dibuat dari daging sapi, dengan tambahan kentang, tahu, atau tempe. Bumbu-bumbu yang membuat cita rasa semur bisa senikmat itu, berasal dari campuran kecap manis, bawang merah, daun salam, pala dan cengkeh. Semur paling enak disantap selagi hangat bersama campuran sambal, kerupuk bawang, dan taburan bawang goreng. Soal rasa? Dijamin mantap!

4. Sambal goreng hati

Kamu suka makanan dengan rasa gurih dan sedikit pedas? Kalau iya, hidangan yang satu ini wajib masuk daftar makanan saat Lebaran, ya! Perpaduan kentang balado dengan hati sapi atau hati ayam ini nggak pernah gagal memanjakan lidah. Kalau kamu suka jeroan, tambahan jantung ayam atau paru sapi ke dalam olahan ini juga boleh banget, lho! 

5. Sayur labu siam

Bisa dibilang, sayur labu siam menjadi salah satu sajian sayur santan istimewa yang paling sering hadir di meja makan pada momen perayaan Lebaran. Setuju nggak? Hal itu memang nggak salah, karena sayur ini memiliki kuah santan gurih dengan sensasi sedikit pedas, ditambah empuknya irisan labu yang juga biasanya dicampur dengan potongan kentang. Sayur labu siam ini bisa menjadi pendamping sajian opor, ketupat, atau sambal goreng hati.

6. Rendang

Ini dia bintang utama dari berbagai hidangan khas Lebaran yang berhasil menempati posisi utama di hati para pencinta kuliner, apalagi kalau bukan rendang! Siapa sih, yang nggak suka sama olahan rempah tradisional yang kelezatannya mendunia ini? Meskipun harus dimasak dalam waktu lama dan diolah dengan banyak bumbu seperti, santan, ketumbar, bawang merah, bawang putih, kemiri sangrai, lengkuas, daun kunyit, serai, dan rempah lainnya, kenikmatan olahan khas Sumatra Barat ini dijamin nggak akan mengecewakan lidah, deh! Rendang bisa dibuat dari berbagai pilihan bahan utama, seperti daging sapi, paru sapi, hati sapi, daging ayam, telur, atau kentang. 

7. Nastar

Selain hidangan lauk-pauk yang nikmatnya tiada dua, Hari Raya Idul Fitri juga identik dengan kehadiran kue kering yang menggugah selera. Yang paling pertama, mari kita buka dengan nastar! Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan kue bulat dengan isian selai nanas yang satu ini, ya? Nastar memiliki rasa gurih dan manis yang berpadu dengan adonan lembut yang lumer di mulut. Saking menggiurkannya, baru sekadar membayangkannya saja sudah bikin air liur menetes, nih!

8. Kastangel

Selanjutnya ada kue yang paling disukai para pencinta keju, yaitu kastangel. Adonan gurih yang berasal dari parutan keju dengan mentega cair, susu, telur dan tepung terigu tersebut, menyatu sempurna dalam satu gigitan mungil yang bikin ketagihan. Ditambah lagi, taburan keju parut krispi di bagian atas kue kastangel yang bikin mulut susah berhenti makan, siap-siap gagal diet deh, kalau sudah ketemu kue gurih yang satu ini!

9. Putri Salju

Kamu sudah pernah mencicipi kue khas Lebaran yang satu ini, kan? Nama putri salju tidak lain tercipta karena taburan gula halus pada permukaan kue berbentuk seolah seperti salju. Rasa kue putri salju mirip dengan kue kacang dengan tambahan gula halus yang membuat sensasi kue semakin manis dan lebih gurih berkat campuran susu bubuk di dalamnya. Kue salju juga memiliki tekstur yang sangat lembut dan lumer saat masuk ke mulut. Nggak heran ya, kalau dari anak kecil hingga orang dewasa menyukai kue dengan bentuk bulan sabit yang ikonik ini!

10. Lapis Legit

Bukan hanya kastangel, ada lagi kue kering bercita rasa keju lainnya yang enaknya patut diacungi jempol, namanya sagu keju. Proses pembuatan sagu keju terbilang mudah, lho. Sobat Pesona hanya perlu menyangrai tepung sagu, lalu campur dengan mentega, telur dan gula halus yang telah dikocok hingga mengembang, dan tambahkan keju parut. Adonan yang sudah tercampur kemudian dimasukkan ke dalam plastik segitiga dan dibentuk seperti cincin di atas loyang, sebelum dipanggang, taburkan keju parut sebagai hiasannya. Langkah terakhir, panggang adonan hingga kecokelatan. Gampang kan?

Nah, itu tadi deretan hidangan ikonik saat momen Lebaran tiba. Merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan aneka hidangan istimewa bersama keluarga pastinya akan terasa sempurna, nih. Tapi, buat kamu yang belum bisa bertatap muka langsung karena tidak mudik, jangan bersedih, ya.

Tali silaturahmi tetap bisa terjalin dengan berbagai ide Lebaran online yang seru kok!

Ayo tetap semangat menjalankan ibadah puasa dan terus mematuhi protokol kesehatan demi keselamatan diri sendiri dan orang-orang yang kita cintai.

Reporter : Irawan HP
Editor : Nazaruli