Netral English Netral Mandarin
21:12wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Bagaimana Membedakan Antara Flu Berat dan Gejala Covid, Ini Penjelasan Pakar

Rabu, 21-Juli-2021 19:30

Bedakan flu dab gejala Covid-19.
Foto : Influenza.
Bedakan flu dab gejala Covid-19.
24

JAKARTA, NETRALNEWS. COM

Dokter spesialis penyakit dalam dr RA Adaninggar SpPD terus membagikan informasi terkait pandemi Covid-19. Kali ini lewat medsosnya, dia memberikan penjelasan terkait gejala covid dengan flu berat.

Menurut dia sebagian masyarakat kurang baik memahami perbedaan gejala Covid dengan flu berat.

"Masih banyak perbedaan persepsi “gejala Covid” yang dialami. Banyak masyarakat menganggap bahwa gejala Covid itu harus semacam flu berat padahal tidak ya," tulis seperti dilansir akun @drningz Jakarta, Selasa (21/7/2021).

Spektrum, lanjut dia klinis penyakit ini sangat luas. Mulai dari tidak bergejala/gejala sangat ringan yang kadang diabaikan (misal gejala seperti masuk angin, tidak enak badan, pilek ringan) sampai yang gejalanya sangat berat (sesak, kerusakan organ, dll)

"Karena luasnya spektrum ini akhirnya memang banyak orang yang tidak waspada dan menganggap gejalanya adalah “flu biasa” padahal tingkat penularan lebih tinggi pada Covid dan perjalanan penyakitnya juga pada Covid tidak bisa diprediksi, 20% bisa memburuk dalam beberapa hari," Sambung tulisannya.

Oleh karena itu penting untuk selalu “berpikir yang terburuk” dulu di era pandemi seperti ini. Lebih baik anggap Covid sampai terbukti tidak sehingga anda bisa melindungi orang sekitar dan lebih baik dalam memonitor kondisi anda

Beberapa petunjuk yang bisa kita pakai untuk lebih curiga Covid daripada flu biasa:1. Bila gejala flu yang anda rasakan, muncul dalam 2 minggu setelah ada kontak erat / setelah anda beraktivitas berisiko di zona merah (kerumunan, acara-acara yg melibatkan orang banyak, bepergian, dll).

2. Gejala mirip flu yang dirasakan bersamaan atau berurutan dalam beberapa hari pada lebih dari 2 orang yang 1 rumah/1 tempat kerja

Ingat ya.. NO ONE SAFE UNTIL EVERYONE IS SAFE. Udah ga jamannya meributkan isu DICOVIDKAN karena untuk kondisi sekarang menganggap diri kita POSITIF COVID jauh lebih baik daripada lengah. Bisa melindungi orang lain dan bisa melindungi diri sendiri dari perburukan kondisi yang tidak terdeteksi secara dini. Lakukan test bila memungkinkan atau segera isolasi dan konsultasi ke dokter. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani