Netral English Netral Mandarin
07:16wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Bagaimana Pentingnya Pasien Komorbid Menerima Vaksin? Ini Penjelasannya

Selasa, 21-September-2021 21:44

Ilustrasi vaksinasi COVID-19.
Foto : Istimewa
Ilustrasi vaksinasi COVID-19.
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - 

Komorbid atau penyakit penyerta sangat beresiko tinggi bila terinfeksi Covid -19. Maka, dari itu vaksin merupakan langkah tepat dalam mencegah alami gejala berat.

Hal itu diungkapkan dokter spesialis penyakit dalam Adaninggar lewat akun resmi instagramnya. Seperti dilansir Jakarta, Selasa (21/9/2021).

"Seperti kita tahu, orang dengan penyakit komorbid berisiko sangat tinggi mengalami kondisi berat dan meninggal bila terinfeksi Covid.

Menurutnya, Uji klinis vaksin-vaksin Covid yang sudah ada menunjukkan bahwa manfaat pemberian vaksin Covid kepada para penderita komorbid manfaatnya jauh melebihi resikonya. Vaksin terbukti efektif menurunkan risiko gejala berat dan kematian.

Yang penting, lanjut dia persiapkan kondisi komorbid dalam kondisi stabil dan terkontrol supaya efektivitas vaksin optimal dan efek samping bisa ditoleransi baik oleh tubuh.

"Jangan berpikir terbalik ya. Jangan malah takut efek samping vaksin yang jelas jauh lebih kecil dibandingkan efek jika terinfeksi Covid. Sejak dulu justru orang-orang dengan penyakit komorbid ini adalah populasi prioritas untuk mendapatkan vaksin-vaksin pencegah infeksi berat seperti influenza, hepatitis, dll," tulisnya lagi.

Tetap ingat bahwa efektif tidaknya vaksin dalam membentuk perlindungan imun optimal ya tergantung kondisi imun anda sendiri jadi tetap jaga kesehatan, pola hidup sehat, dan tetap selalu konsisten melakukan protkes karena tidak ada yang tahu bagaimana kemampuan tubuh masing-masing dalam membentuk kekebalan.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Nazaruli