3
Netral English Netral Mandarin
07:14 wib
Kementerian Lingkungan Hidup mengungkap ada peningkatan titik panas yang berpotensi menyebabkan kebakaran hutan di beberapa provinsi. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kegiatan sekolah tatap muka bisa dilakukan pada semester kedua tahun ini, atau tepatnya pada Juli 2021 mendatang.
Bagaimana agar Bisa Selfie di Lokasi Karya Anies? FH: Pesan Bajaj Terbang di Balai Kota

Selasa, 19-January-2021 10:53

Bagaimanakah agar Bisa Selfie di Lokasi Karya Anies? Jawab Ferdinand Pesan Bajaj Terbang di Balaikota
Foto : Istimewa
Bagaimanakah agar Bisa Selfie di Lokasi Karya Anies? Jawab Ferdinand Pesan Bajaj Terbang di Balaikota
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Atap rumah warna warni di sekitar Tapal Kuda, Jakarta masih menjadi polemik dan sorotan publik. Ada yang unik pula di sosial media.

Selasa (19/1/21), Seorang netizen bernama Lusie @momcill mengatakan: "Aku tuh suka selfie ga bisa liat tempat menarik buatku langsung jepret.... Ini karya baru om anies gmn caranya bisa selfie disitu ya."

Cuitan itu ternyata dijawab mantan politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean, katanya: "Pesan Bajaj terbang di Balaikota."

Sebelumnya secara terpisah diberitakan, pengamat tata kota dari Universitas Trisakti Nirwono Joga mengatakan pengecatan rumah di sekitar jalan layang Tapal Kuda di Lenteng Agung bisa menjadi destinasi wisata baru jika dikembangkan secara konsisten oleh warga setempat.

"Keberhasilan kampung warna-warni di berbagai kota di luar dan dalam negeri kuncinya justru ada pada kesadaran warga penghuni kampung itu yang ingin mengecat dengan tujuan ingin menampilkan keindahan dan kebersihan kampungnya," kata Nirwono melalui pesan singkatnya, Senin, 18 Januari 2021.

Menurut dia, pengecatan yang telah dilakukan bakal mendapatkan bonus menjadi destinasi wisata baru di Lenteng Agung jika warganya mengembangkan konsep tematik yang kuat dan berbeda dengan kampung lainnya.

"Apalagi kalau ada kegiatan menarik lainnya tidak sekedar Instragramable saja," ujarnya dilansir Tempo.co.

Nirwono mengapresiasi langkah pengecatan kampung di sekitar jalan layang di kawasan Jakarta Selatan itu. Namun, yang perlu diperhatikan ke depannya adalah terkait pemeliharaan dan pengecatan ulang yang perlu direncanakan dengan matang.

"Seperti soal pembiayaan pemeliharaan dan pengecatan ulang perlu dipikirkan. Sebab keindahan model seperti ini tidak akan berumur panjang. Akan selesai dengan sendirinya ketika cat-catnya memudar," demikian Nirwono soal rumah-rumah sekitar jalan layang Tapal Kuda tersebut.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto