Netral English Netral Mandarin
01:05wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Balik ke PPP, Zulhas Doakan Lulung Sukses dan Sehat Selalu

Selasa, 07-September-2021 06:30

Abraham Lunggana (H. Lulung)
Foto : Istimewa
Abraham Lunggana (H. Lulung)
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anggota Komisi VII DPR RI Lulung Abraham Lunggana, resmi berhenti menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN). Surat pernyataan berhenti menjadi kader PAN itu ditandatangani Haji Lulung per 1 September 2021.

Tokoh Tanah Abang, Jakarta Pusat ini pun langsung menyampaikan surat tersebut ke Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan. Balik kembali ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadi alasan pengunduran dirinya.

"Surat pernyataan berhenti dari kader PAN saya buat tanggal 1 September. Lalu saya sampaikan langsung ke Ketua Umum, pak Zulkifli Hasan. Di surat itu, dia menulis kalimat 'Haji lulung orang baik, punya karakter kuat, lurus persahabatan. Doa saya, semoga sehat, sukses dan selalu dalam lindunganNYA'," ujar Haji Lulung, Senin (6/9/2021) malam. 

Haji Lulung memastikan, berlabuhnya kembali pilihan politik ke PPP dikarenakan banyaknya permintaan ulama untuk membesarkan lagi PPP. Di PPP, Lulung dipercaya kembali menjabat Ketua DPW PPP DKI Jakarta.

"Ini murni karena lermintaan dari ulama, kita harus takjim kepada para ulama. Selama ini, saya dipanggil oleh beberapa ulama, suruh balik mengurus PPP," ujar Lulung. 

Lulung pun berharap kedepan PAN dan PPP dapat berkolaborasi dengan baik.

Bahkan, ungkapnya, Ketua PW NU DKI Jakarta telah mengumumkan kepindahan Haji Lulung ke PPP saat taaruf anggota NU DKI Jakarta beberapa waktu lalu. 

Tidak hanya itu, Ketua PB NU Said Aqil Siradj dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menanyakan langsung kembalinya Haji Lulung ke PPP.

Diakui Haji Lulung, proses kepindahannya ke PPP terjadi sebelum adanya Musyawarah Wilayah PPP DKI Jakarta, awal Mei 2021 lalu. 

"Saya sudah banyak diminta oleh beberapa ulama. Lalu saya pertimbangkan, saya ketemu konstituen, bicara sama keluarga, akhirnya saya putuskan kembali ke PPP. INTINYA, saya tetap mengabdi untuk bangsa dan negara," tegas Haji Lulung. 

Menurutnya, sejumlah ulama menilai kehadiran Haji Lulung di PPP diyakini bisa mengembalikan kejayaan Partai. Salah satunya, perolehan kursi di DPR RI maupun DPRD DKI Jakarta. 

Saat Haji Lulung di PPP, jumlah kursi di DPRD DKI Jakarta mencapai 10 kursi. Namun, sejak hengkangnya Haji Lulung  ke PAN, suara PPP anjlok hingga 1 kursi. Begitu pun dengan DPR RI, yang tadinya dapat 3 kursi, saat ini menjadi nihil. 

Diketahui, Haji Lulung pindah ke PAN sejak PPP mendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017 silam. Saat itu, Haji Lulung memberikan dukungan ke Anies Baswedan yang saat ini terpilih jadi Gubernur DKI Jakarta. 

"Saya mengharap, konstituen yang tadinya mendukung PPP melalui kepemimpinan saya. Karena saya pindah bukan tanpa sebab, saya pindah ke PAN karena saya nggak mau mendukung ahok," tegasnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani