Netral English Netral Mandarin
11:12wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Balitbang Golkar Nilai Adaptasi Pandemi Berjalan Sesuai Jalur Yang Diharapkan

Rabu, 04-Agustus-2021 22:00

Ketua Balitbang Golkar, Jerry Sambuaga
Foto : Istimewa
Ketua Balitbang Golkar, Jerry Sambuaga
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Balitbang Golkar, Jerry Sambuaga menilai, adaptasi yang dilakukan oleh Pemerintah maupun masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid relative berjalan sesuai dengan jalur yang diharapkan.

Adaptasi yang dimaksud, menurut jerry adalah adaptasi dalam penyusunan dan penerapan kebijakan dan sosialisais yang relative cepat bagi pemerintah.

Sedangkan bagi masyarakat, adaptasi yang dimaksud adalah kepatuhan dalam mengikuti kebijakan dan penerapan pola interaksi yang sesuai dengan konteks pandemi. 

Pada sisi pemerintah, jelas Jerry, penyusunan dan penerapan kebijakan makin bisa mengikuti irama pandemi yang kerap berfluktuasi. Ketidaktentuan kondisi akibat pandemi makin bisa dipahami para pembuat keputusan sehingga volatilitas pandemi itu sendiri bisa lebih tertangani.

Jerry mencontohkan dalam kebijakan Kesehatan. Meskipun diserbu oleh varian delta yang sempat menaikkan secara tajam penderita pada bulan Juni dan Juli tetapi dengan kebijakan yang baik makin lama makin bisa tertangani.

"Kalau kita ikuti perjalanan outbreak covid varian delta ini sebenarnya dapat kita lihat bahwa kemampuan pemerintah makin bagus. Sempat naik tajam tapi kemudian bisa dikendalikan. Sekarang beberapa daerah sudah menunjukkan pelandaian," kata Jerry dalam keterangan tertulisnya, Rabu (4/8/2021).

Karena itu Balitbang terus meningkatkan capaian vaksinasi nasional agar dampak pandemi bisa segera teratasi. Mengenai pemberlakuan PPKM yang Kembali diperpanjang menurut Jerry ini adalah Langkah yang tepat. Sebab menurutnya, ini untuk memberikan ruang kebijakan jika ada kemungkinan kasus masih bisa berfluktuasi.

"Fluktuasi penderita Covid itu kan dipengaruhi oleh mobilitas dan interaksi antar manusia. Nah kalau PPKM dicabut serta merta tentu akan terjadi ledakan mobilitas yang bsia mengakibatkan terjadinya ledakan penderita," ujar Jerry.

"Kasihan para nakes dan fasilitas Kesehatan yang sudah berjibaku 2 bulan lebih ini. Jadi Langkah pemerintah memperpanjang PPKM tepat dan menggenjot vaksinasi juga kebijakan yang sangat bagus," sambungnya.

Sementara pada sisi masyarakat, adaptasi juga berlangsung cukup baik. Ada beberapa parameter yang dilihat oleh jerry yaitu kepatuhan dalam menaati prokes, kesediaan untuk mengikuti program vaksin dan pemberlakuan syarat-syarat interaksi khusus dalam kegiatan sehari-hari. 

"Masyarakat beradaptasi terus. Sekarang makin sadar prokes, sadar vaksin dan sudah Menyusun berbagai standar dalam interaksi baik di perusahaan, pasar, sekolah dan lain-lain. Mudah-mudahan ini membuat pencapaian herd immunity bisa segera tercapai," kata mantan anggota Komisi I DPR RI itu.

Balitbang Golkar sendiri, kata dia, akan terus mendukung program penanganan pandemi Pemerintah. Partai Golkar baru-baru ini turut mengadakan vaksinasi massal. Balitbang Golkar juga turut memberikan sosialisasi mengenai prokes, vaksinasi dan lain-lain.

Ke depan, Balitbang Golkar akan memperbanyak program yang langsung dirasakan masyarakat termasuk dalam pemberian bantuan kepada masyarakat yang terdampak. Yang jelas, menurut Jerry, Balitbang Golkar mendukung kebijakan Pemerintah dan ingin terus menjalin kolaborasi dengan stake holder agar pandemi segera berlalu.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Irawan HP