Netral English Netral Mandarin
15:59wib
Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan membuka posko pengaduan bagi masyarakat yang merasa pernah menjadi korban dugaan penipuan oleh anak bungsu Akidi Tio, Heriyanty. Pesawat Kepresidenan ganti warna cat dari biru langit menjadi merah putih. Pergantiam cat itu menuai pro kontra.
Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf Gandeng GemPI

Sabtu, 05-Juni-2021 14:20

Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua Umum GenPI Nasional Siti Chotijah
Foto : NETRALNEWS/Adiel Manafe
Menparekraf Sandiaga Uno dan Ketua Umum GenPI Nasional Siti Chotijah
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggandeng berbagai komunitas untuk ikut mempromosikan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), salah satunya adalah komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI).

Sebagai mitra dari Kemenparekraf, komunitas GenPI diharapkan terus berkreasi, berinovasi, dan beradaptasi dalam membantu membangkitkan sektor parekraf.

Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno dalam acara Netas (Nemuin Komunitas) yang digelar di Sleman, Yogyakarta pada Jumat (4/6/2021) malam. Dalam acara tersebut, Sandiaga berdiskusi secara virtual dengan perwakilan GenPI dari 34 Provinsi.

Netas merupakan sebuah acara dialog dengan berbagai komunitas pariwisata dan ekonomi kreatif yang diinisiasi oleh Biro Komunikasi Kemenparekraf.

"Malam ini kita melakukan reaktivasi dari GenPI, Gerakan Nasional Generasi Pesona Indonesia. Ini adalah movement yang akan kita gelorakan untuk hastag #DiIndonesiaAja," kata Sandiaga.

"GenPI sudah berdiri 5 tahun, memiliki perwakilan di 34 Provinsi dan 200 kabupaten/kota. Saya tugaskan hari ini untuk menjadi mitra, pentahelix dari kebijakan-kebijakan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ucap dia.

Selain membantu Kemenparekraf untuk mempromosikan dan membangkitkan sektor parekraf, Sandiaga juga berharap GenPI ikut mengawasi program-program pemerintah di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif supaya tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu.

"Jadi harapannya bahwa GenPI bisa memastikan program-program kita berpihak kepada masyarakat yang membutuhkan. Kedua, program-program kebijakan kita tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu. Kemudian menyentuh komunitas-komunitas yang harus meningkatkan keterampilan untuk bertahan," jelasnya.

Dengan dukungan dan kerjasama yang baik antara Kemenparekraf dan berbagai pihak, termasuk komunitas seperti GenPI, Sandiaga optimis sektor kepariwisataan dan ekonomi kreatif segera pulih dari dampak pandemi Covid-19 dan kembali bisa membuka lapangan kerja.

 

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Sulha Handayani