3
Netral English Netral Mandarin
17:58 wib
Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menelusuri dugaan korupsi Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah dalam sejumlah proyek infrastruktur lainnya di Sulsel. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksinasi mandiri atau gotong royong tidak ditujukan untuk komersil.
Bantah Isu Dukung Anies Baswedan Maju Pilkada DKI 2024, Ini Kata Ketua Fraksi PDIP

Sabtu, 06-Februari-2021 03:00

Gembong Warsono, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta.
Foto : NNC/Wahyu Praditya Purnomo
Gembong Warsono, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta membantah kabar soal dukungan pencalonan Anies Baswedan di Pilkada DKI yang rencananya akan digelar pada 2024 mendatang. 

"Enggak benar kalau DPD mencalonkan Anies, enggak seperti itu. Karena kalau soal penetapan calon itu kewenangan DPP partai, khususnya ibu ketua umum," kata Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta, Gembong Warsono saat dihubungi di Jakarta, Jumat (5/2/2021).

Sebagai informasi, sejumlah partai politik di DPR RI pecah suara mengenai pelaksanaan pilkada serentak menyusul rencana revisi Undang-undang Pemilu. 

Dalam draf RUU Pemilu yang beredar, pilkada serentak akan digelar pada 2022 dan 2023.

Namun, sejumlah parpol termasuk PDIP menyatakan tak setuju jika pilkada dinormalisasi, dan tetap berpegang pada UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada yang mengamanatkan bahwa pilkada serentak akan dilaksanakan 2024.

Kalaupun RUU Pemilu itu disahkan dan DKI menggelar Pilkada 2022 yang membuat proses pencalonan akan mulai pada 2021, Gembong mengatakan PDIP telah memiliki mekanisme partai terkait proses pencalonan dan penjaringan calon kepala daerah.

"Partai punya mekanisme, ada penjaringan dan penyaringan, ada sekolah partai, itu mekanisme baku di PDIP. Sementara tugas DPD melakukan penjaringan dari nama-nama yang direkrut. Hasil penjaringan kita serahkan ke DPP untuk penyaringan. Kan seperti itu, dari beberapa kandidat masuk sekolah partai untuk dicalonkan gubernur dari PDIP," tuturnya.

Ketika ditanyakan lagi, Gembong tak bicara lugas mengenai kemungkinan PDIP DKI Jakarta mempertimbangkan nama Anies untuk diusulkan ke DPP PDIP.

Selain itu, menurut Gembong, PDIP memiliki banyak kader terbaik sebagai stok calon kepala daerah.

"Kalau soal siapa namanya itu DPP, tapi PDIP punya stok banyak yang bisa didorong ke DKI Jakarta," ujarnya, seperti dilansir Antara. 

Reporter : Irawan HP
Editor : Irawan HP