Netral English Netral Mandarin
09:38wib
Sejumlah Guru Besar meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) memeriksa Firli Bahuri Cs. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berkelakar bakal menjadi tim sukses Sandiaga Uno pada pemilihan presiden 2024 mendatang.
Bantu Indonesia Semakin Ramah Lingkungan, PLTM Parmonangan II di Sumatera Utara Resmi Beroperasi

Senin, 31-Mei-2021 21:03

Penandatanganan Berita Acara COD PLTM Parmonangan II, Kapasitas 2 x 5 MW antara PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dengan PT. Bina Godang Energi
Foto : NNC/Martina Rosa Dwi Lestari
Penandatanganan Berita Acara COD PLTM Parmonangan II, Kapasitas 2 x 5 MW antara PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dengan PT. Bina Godang Energi
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Parmonangan II resmi beroperasi. Pengoperasian dilakukan setelah diadakan penandatanganan Berita Acara Commercial Operation Date (COD) PLTM Parmonangan II antara PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dengan PT. Bina Godang Energi (BGE) tertanggal 28 Mei 2021.

PLTM Parmonangan II berlokasi di Desa Manalu Dolok, Kecamatan Parmonangan, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. PLTM yang satu ini berkapasitas 2 x 5 Megawatt (MW), dengan proyeksi energi yang dapat diproduksi setiap tahunnya adalah sebesar 56,9 Giga Watt Hour (GWh).

General Manager (GM) PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara, Pandapotan Manurung menyampaikan terima kasih kepada PT. Hero Global Investment (HGI) sebagai induk perusahaan dari PT. BGE, karena telah menyelesaikan proyek PLTM Parmonangan II dan mencapai COD pada 28 Mei 2021.

Menurut Pandapotan, keberadaan PLTM Parmonangan II merupakan salah satu upaya membangun energi hijau dan energi terbarukan di Sumatera Utara. Pandapotan berharap, ke depan operasional PLTM Parmonangan II bisa berjalan dengan lancar dan handal.

“Selamat kepada tim dari PLTM Parmonangan II yang telah bersinergi, berlangsung dengan baik dan sukses. Salah satu bentuk untuk membangun negara,” ujar Pandapotan secara virtual dari Kantor PLN Unit Wilayah Sumatera Utara di Medan, Senin (31/5/2021).

Pernyataan ini disampaikan Pandapotan dalam acara seremonial Penandatanganan Berita Acara COD PLTM Parmonangan II, Kapasitas 2 x 5 MW antara PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Utara dengan PT. Bina Godang Energi. Acara dihadiri berbagai pemangku kepentingan, baik secara langsung dan terbatas, serta secara virtual bersamaan di Medan dan Jakarta.

 

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Direktur Utama PT. HGI Robin Njo, Komisaris PT. HGI Teddy Thamrin Chandra, Rudy Chandra dan Robert Njo, Direktur Utama PT. BGE Anche Anthonius, Tim HGI Group antara lain Andreas Sanusi, Freddy Siahaan, Winarjo Sijabat, Halasan Sitorus, Kepala Kantor Wilayah X Bank BCA Lukman, Executive Vice President Divisi EPC PT. Hutama Karya (Persero) Warjo Fadilah, Direktur PT. Primordia Siparup Perkasa Endot Purba, Project Manager Jiangsu CTP Power Co.,Ltd. Tony Xu, serta pihak PLN UIW Sumut seperti SRM Perencanaan Reny dan SRM Teknik Didik.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT. HGI Robin Njo mengatakan, pembangunan proyek PLTM Parmonangan II telah dimulai pada Januari 2019 dan selesai pada April 2021. Pada Mei 2021, PLTM Parmonangan II melakukan rangkaian pengujian hingga mendapatkan Sertifikat Laik Operasi yang diterbitkan PT. Masaryo Gatra Nastiti, dan COD pada 28 Mei 2021.

Diakui Robin, pembangunan proyek PLTM Parmonangan II mengalami tantangan di 2020. Saat pembangunan tengah berada di puncak-puncaknya, kemudian terjadi Pandemi Covid-19 yang menghadirkan tantangan yang tidak pernah terbayangkan dan tidak pernah dihadapi sebelumnya.

“Saat PSBB Nasional, kami menghadapi kendala pengiriman material maupun mendatangkan tenaga kerja ke lokasi proyek, lalu ada juga pembatasan Warga Negara Asing (WNA) untuk masuk ke Indonesia yang menyebabkan Tenaga Kerja Asing Ahli sulit untuk datang mengerjakan Instalasi serta Commissioning dari Turbine-Generator. Tetapi semua tantangan tersebut dapat diatasi bersama berkat dukungan dari para Stakeholder, Kontraktor dan Tim dari HGI Group,” ujar Robin di Jakarta.

Lebih lanjut Robin katakan bahwa keberadaan PLTM Parmonangan II selaras dengan komitmen Indonesia yang memiliki target Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 23 persen di bauran energi nasional pada 2025. Kebijakan dari pemerintah itu dipadukan dengan komitmen Indonesia untuk mengurangi emisi hingga 29 persen pada 2030, menuju sistem energi yang lebih berkelanjutan.

“Doa dan harapan kami, PLTM Parmonangan II dapat membantu sistem kelistrikan PLN menjadi semakin handal, bisa membantu Sumatera Utara menjadi semakin hijau, dan juga membantu Indonesia menjadi semakin ramah lingkungan,” harap Robin.

Untuk diketahui, PLTM Parmonangan II bukanlah PLTM pertama yang dimiliki oleh HGI Group. Sebelumnya HGI Group telah sukses mengembangkan PLTM Parmonangan I yang berkapasitas 2 x 4,5 MW melalui anak perusahaannya yaitu PT. Seluma Clean Energy yang COD pada Juli 2017 lalu.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : YC Kurniantoro