Netral English Netral Mandarin
00:03wib
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan melaporkan Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pencemaran nama baik. Bupati Kolaka Timur (Koltim) Andi Merya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK.
Baru Pertama ke Desa Pangalipuran, Ira Wibowo Tercengang-cengang

Minggu, 20-Juni-2021 09:00

Ira Wibowo takjub melihat Desa Pangalipuran.
Foto : Insta
Ira Wibowo takjub melihat Desa Pangalipuran.
14

BALI, NETRALNEWS.COM - Artis Ira Wibowo membagikan momen berwisatanya saat ia bersama rıekan-rekannya berwisaşta ke Pulau Dewata.

Sejumlah aktivitas dilakukan Ira, termasuk bersepeda dan mengunjungi Desa Wisata Pangalipuran. Bagi Ira berkunjung ke Desa adat Penglipuran merupakan untuk pertama kalinya.

”Rupanya selama ini lbh dikenal oleh turis2 asing.. tp skrng mulai bnyk didatangi juga oleh turus domestik seperti aku Kami cukup beruntung, bs sdkt bnyk melihat secara lgsg budaya penduduk setempat…nah, aku ingin membagikan sedikit cerita ttg Budaya Penduduk Desa Penglipuran Bangli,” tulis Ira di Instagramnya, Sabtu, (19/6/2021).

Ia menambahkan, budaya pengelompokan dari tata ruang desa sangat terlihat di sini. Di bagian utara dan letaknya lebih tinggi dari rumah penduduk terdapat pura Desa yang di sebut pura Penataran.

Pada bagian tengah desa yang letaknya di bawah pura, adalah zona tempat penduduk. Saat ini desa di huni oleh 226 kepala keluarga dan untuk nafkah sehari-hari penduduk desa berprofesi sebagai petani, pengerajin anyaman bambu dan berternak.

Luas dari area desa sekitar 112 hektar dan tidak semua lahan desa di gunakan sebagai rumah penduduk. Sekitar 40 ?ri lahan desa adalah hutan bambu. Menebang pohon bambu di desa ini tidak boleh sembarangan tanpa ijin dari tokoh masyarakat setempat.

Selain memiliki budaya menghormati alam, penduduk desa Penglipuran Bangli juga memiliki budaya dan tradisi untuk menghormati wanita. Karena adanya aturan desa yang melarang pria untuk melakukan poligami, jika ketahuan melakukan poligami maka akan mendapatkan hukuman di kucilkan dari desa.

Desa ini juga memiliki budaya hukuman untuk pencurian. Bagi yang ketahuan mencuri, akan di hukum untuk memberikan sesajen lima ekor ayam dengan warna bulu ayam yang berbeda di 4 pura leluhur mereka. Dengan cara ini, semua penduduk desa akan mengetahui siapa yang mencuri, tentunya akan membuat efek malu.

Zona yang terakhir atau yang ketiga di sebut setra atau kuburan. “Walaupun penduduk desa Penglipuran Bali memeluk agama Hindu tapi penduduk desa Penglipuran Bangli tidak mengenal upacara pembakaran mayat, jadi mayat langsung di kubur. Menarik sekali ya?,” tambah, kakak dari aktor Ari Wibowo ini.

Di akun Instagramnya ia memosting dan memuji bagaimana keindahan Desa Wisata Pangalipuran yang tertata rapi dan saat ini sangat sepi kunjungan wisatawan.

Ia juga sempat mengunjungi Pantai Balangan yang menjadi favorit para selebriti saat ini. Tak ketinggalan Ira memosting dirinya berfoto degnen latar belakangan puncak gunung Agung.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati