Netral English Netral Mandarin
06:22 wib
Polisi akan mengumumkan hasil gelar perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara yang dihadiri oleh selebriti Raffi Ahmad pada Kamis (21/1). Komisi III DPR menyetujui penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, setelah mendengarkan pendapat fraksi-fraksi dalam rapat internal Komisi III DPR.
Basarnas Terus Lakukan Pencarian Lokasi Jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air

Sabtu, 09-January-2021 22:50

Pesawat Sriwijaya Air
Foto : Istimewa
Pesawat Sriwijaya Air
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Badan SAR Nasional (Basarnas) terus melakukan pencarian pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang hilang kontak.

Saat ini pencarian difokuskan pada lokasi atau koordinat jatuhnya pesawat. Demikian dikatakan Deputi Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas, Bambang Suryoaji, Sabtu (9/1/2021).

Nanti setelah lokasi jatuhnya pesawat ditemukan, lanjut Bambang, pencarian dan pendalaman akan dilakukan pada esok hari.



"Besok pagi kita melaksanakan pencarian dan pendalaman," kata Bambang.

Diakui Bambang, hambatan terbesar pencarian lokasi pada malam ini adalah visibility karena kondisi malam.

"Tapi malam ini akan kami usahakan semaksimal mungkin. Kalau malam ini kami temukan koordinat, besok pagi kita bisa melaksanakan pencarian secara maksimal," ujarnya 

Bambang mengatakan, beberapa informasi di lapangan, ditemukan serpihan-serpihan yang dicurigai bagian dari pesawat Sriwijaya.

"Tim gabungan kita menjadikan barang bukti untuk penelitian itu dari pesawat atau bukan," ujar dia.

Bambang mengatakan, pencarian dan pendalaman akan dilakukan di sekitar Pulau Lancang dan Pulai Laki. Kedalaman lokasi tersebut antara 20 meter hingga 23 meter.

Sebelumnya, Bupati Kepulauan Seribu Djunaedi mengatakan, pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta-Pontianak jatuh di sekitar Pulau Laki. Kapal patroli Kementerian Perhubungan juga menemukan serpihan daging di lokasi yang diduga menjadi titik jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Nelayan Pulau Lancang pertama kali mendengar suara ledakan seperti suara petir di sekitar lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air. Kala itu, lokasi jatuhnya pesawat sedang diguyur hujan deras. Nelayan tersebut melapor ke Pemkab Kepulauan Seribu.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati