Netral English Netral Mandarin
16:55wib
Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengkritik peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai pengawas keuangan negara, namun tidak ada pihak ketiga yang mengawasinya. Para ilmuwan di Afrika Selatan mendeteksi varian Covid-19 baru yang memiliki banyak mutasi. Varian ini disinyalir jadi penyebab tingginya penyebaran kasus di negara tersebut.
Bedakan Gerd dan Nyeri Jantung, Ini Tanda-tandanya

Sabtu, 14-Agustus-2021 12:00

Bedan gerd dan  nyeri jantung.
Foto : Keep Healthy
Bedan gerd dan nyeri jantung.
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dokter Tirta Hudi, anggota Satgas Covid-19, kembali memberikan edukasi mengenai gejala nyeri jantung dan gerd. 

Membedakan gejala gerd + nyeri jantung memang susah kalau di edukasikan ke orang awam. “Yang penting jika Anda sudah merasa nyeri pada dada, menjalar pada bahu, punggung, sampe ke tangan, keringat dingin, segera ke IGD, gak usah ditunda. Gejala nyeri pada jantung ini, biasa terkait penyakit jantung koroner. Nyeri sebagai response ada "halangan" pada aktivitas jantung detailnya cek penjelasan ke dokter spesilais Jantung Pembuluh,” tulis dr Tirta di Twitterinya, Sabtu, (14/8/2021)

Kalau gerd, menurut dr Tirta, gejala pada umumnya rasa panas di ulu hati, baru ke dada bagian tengah, dan dada rasa terbakar kesan "ampeg" Gejala nyeri menjalar hingga lengan itu jarang terjadi.

Dokter Tirta menyamapaikan agar Anda bisa  mengenali gejala nyeri dada akibat gangguan pada jantung yakni rata-rata disebabkan penyakit jantung koroner). Nyeri juga di barengin perubahan denyut jantung dan saturasi oksigen ynag drop dadakan

“Kalau jelas nyerinya begitu, jangan malah kau urut, apalagi kau kasi teh anget, ga ngubah keadaan. Kau bawa IGD, biar dikasi pertolongan pertama oleh kami petugas IGD,” tulis dr Tirta.

Ia menambahkan,  “Ingat kematian di Indonesia akibat jantung itu masing rata2 1600/ hari. Cara mencegah? Hidup sehat, gak ada cara lain. Agar tidak terjadi sumbatan pada arteri coronaria pada jantung ,” pungkas dr Tirta.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati

Berita Terkait

Berita Rekomendasi