Netral English Netral Mandarin
07:22wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Begini Cara Menghilangkan Kantung Mata atau Mata Panda dengan Bahan Alami

Kamis, 26-Agustus-2021 23:00

Ilustrasi kantung mata
Foto : Istimewa
Ilustrasi kantung mata
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kantong mata atau biasa disebut mata panda adalah pembengkakan ringan yang muncul di bawah mata berwarna hitam, kantong mata ini timbul karena beberapa faktor di antaranya kurang tidur, suka begadang atau bisa juga terlalu lama berada di depan komputer dan televisi yang menyebabkab kulit muka kusam dan lelah.Hal ini akan mengurangi penampilan kita. 

Berikut beberapa cara untuk menghilangkan kantong mata seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

1.      Kompres dengan es batuBungkus es batu dengan menggunakan kain atau waslap kemudian tempelkan atau kompres es batu ke kantung mata beberapa detik lepaskan lalu kompres lagi.

Baca Juga :

Apabila kantung matanya sudah cukup parah kamu dapat secara langsung menempelkan atau mengompres es batu ke kantung mata.

2.      Kompres dengan menggunakan  bekas teh celup

Bagi kamu yang suka minum teh jangan buang  ampas teh karena ampas teh ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan kantung mata kamu. Dalam teh terdapat zat yang bernama tannin.

Kandungan tannin yang ada dalam teh mampu menyempitkan pori-pori kulit dan mengencangkannya secara alami. Dengan penggunaan rutin, mata kamu juga akan lebih segar.

Baca Juga :

Caranya siapkan 2 bekas kantung teh bisa teh biasa atau teh hijau, simpan bekas kantung teh ini di dalam lemari pendingin, setelah bekas teh itu dingin tempelkan atau kompres ke area mata selama 10-15 menit, lakukan langkah ini secara rutin.

3.      Kompres dengan kentang

Selain menggunakan bekas teh celup, kamu juga bisa menggunakan kentang, kentang mengandung asam sitrat dan asam fosfat yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit.

Kandungan asam sitrat dan asam fosfat yang cukup tinggi dalam kentang bisa juga mempercepat regerenasi sel-sel kulit yang baru. Caranya kupas 1 buah kentang cuci hingga bersih, kemudian halus kentang yang sudah bersih dengan menggunakan parutan atau bisa juga dengan menggunakan blander.

Setelah kentang halus gunakan kain halus dan tipis untuk membungkus kentang yang sudah dihaluskan tadi, kompreskan pada kedua mata diamkan selama 25-30 menit, bilas bekas kompresan ini dengan air hingga bersih untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan secara rutin sebelum tidur

4.      Kompres dengan irisan Mentimun

Iris mentimun dan simpan di dalam lemari es, setelah dingin tempelkan irisan mentimun tadi ke area mata. Dalam mentimun terkandung asam askorbat, vitamin C, dan caffeic acids yang salah satu manfaatnya adalah dapat mengobat iritasi dan pembengkakan pada kulit, termasuk kulit bengkak akibat kantung mata.

Mentimun juga memiliki sifat astrigen yang mana berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit. Atau bisa juga kamu lakukan langsung tanpa menyimpan irisan mentimun tadi di dalam lemari es, Sambil tiduran, tempelkan irisan mentimun tersebut masing-masing ke area mata, diamkan selama 30 menit

5.      Kompres dengan Bengkoang

Sudah Menjadi rahasia umum, jika bengkoang banyak manfaatnya untuk perawatan kecantikan, terutama pada kulit. Kandungan vitamin C bengkoang, memberikan rangsangan pada sel kulit untuk beregenerasi, sehingg sel kulit mati berganti dengan yang baru.Caranya, parut bengkoang sampai benar-benar halus, setelah itu kompreskan parutan tersebut pada area kantung mata, diamkan selama 10-15 menit

6.      Kompres dengan sendok

Huups….. sendokpun bisa kamu digunakan untuk mengompres mata panda, alat yang biasanya digunakan sebagai peralatan makan ini bisa jadi alat alternatif  buat kamu untuk menghilankan mata panda, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya caranya cukup gampang kok.

Pertama kamu siapkan 2 buah sendok, lalu masukan ke dua sendok tersebut ke dalam alat pendingin, bila tidak punya alat pendingin sendok bisa direndam dalam air dingin. Setelah sendok dingin kamu bisa tempelkan atau kompreskan ke area mata mata sampai rasa dingin di sendok habis, lalukan secara rutin sampai kantung mata atau mata panda kamu hilang.

Inilah beberapa cara alami untuk menghilangkan kantung mata, agar hasilnya maksimal mulai sekarang kamu harus mengubah pola hidup yang lebih sehat seperti jangan suka begadang, perbanyak konsumsi air putih, usahakan tidur 8 jam sehari, konsumsi makanan sehat dan bergizi, jangan merokok dan lain-lain.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani