Netral English Netral Mandarin
10:10wib
Aparat dari satuan TNI dan Polri akan menjadi koordinator dalam pelaksanaan tracing (pelacakan) Covid-19 dalam Pemberlakuan Pembatasan Sosial Masyarakat (PPKM) yang kembali diperpanjang. Presiden Joko Widodo memberi kelonggaran selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang mulai 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.
Begini Ciri-Ciri Karet Pintu Mobil yang Harus Segera Diganti

Minggu, 02-Mei-2021 21:45

Ganti karet pintu mobil Anda jika sudah rusak seperti ini.
Foto : Otocar
Ganti karet pintu mobil Anda jika sudah rusak seperti ini.
16

JAKARAT, NETRALNEWS.COM - Setelah Anda mengetahui tips agar karet pintu baik itu karet pintu mobil universal atau pun karet pintu mobil meteran agar tahan lama, maka Anda juga harus mengetahui ciri-ciri karet mobil yang harus Anda ganti. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi akan hal tersebut.

Jika karet mobil Anda sudah rusak, namun telat untuk menggantinya, akibatnya bisa fatal, bodi mobil akan jadi karatan karena air hujan akan masuk membasahi bagian dalam di pintu. Kemudian, kelistrikan bisa jadi juga akan mengalami kerusakan karena terkena rembesan air hujan akibat rusaknya karet pintu mobil tadi. 

Berikut ciri-ciri karet pintu mobil yang harus segera diganti, seperti dilansir dari laman resmi Daihatsu Indonesia;

1. Bentuknya berubah jadi gepeng

Karet mobil yang sudah bisa dan harus diganti ditandai dengan perubahan bentuk. Dimana bentuknya berubah menjadi gepeng. Maka Anda harus selalu mengecek karet mobil tersebut, apabila ditemukan karet mobil berbentuk gepeng sudah dapat dipastikan Anda harus mengganti karet pintu mobil dengan yang baru.

2. Kurangnya kedap suara

Ciri lainnya dimana Anda harus mengganti karet mobil adalah pada saat Anda menutup pintu mobil, suara antara besi seperti beradu sehingga kurangnya kedap suara mobil tersebut. Jika hal ini terjadi, pada saat Anda menutup mobil, maka dapat dipastikan Anda sudah harus mengganti karet mobil tersebut.

3. Karet mobil rusak

Apabila Anda membiarkan karet pintu mobil dalam keadaan rusak, maka dapat dipastikan hal tersebut akan berdampak pada keadaan kabin. Dimana kabin tersebut sudah tidak senyap dan tidak terasa nyaman. Selain itu karet mobil yang rusak bisa menyebabkan air hujan masuk ke dalam sehingga mengakibatkan yang berada di dalam mobil akan kebasahan.

4. Terdengar suara angin seperti siulan

Ciri berikutnya kenapa Anda harus mengganti pintu karet dengan yang baru adalah karena munculnya suara angin seperti siulan yang masuk ke dalam kabin mobil. Apalagi pada saat Anda berkendara pada kecepatan yang tinggi, tentu suara angin tersebut akan terasa lebih jelas Anda dengarkan.

Apabila ciri-ciri tersebut terdapat pada karet pintu mobil Anda, maka Kamu bisa menggantikannya dengan yang baru. Jenis pintu karet mobil yang biasa digunakan ada dua. Jenis pintu karet mobil yang pertama karet balon terdiri dari dua jenis yaitu polos dan balon bibir. Untuk jenis balon bibir biasa digunakan dan berfungsi sebagai pinggiran plafon karena sudah ditambah dengan pelindung tambahan. Sedangkan untuk balon polos hanya bermanfaat sebagai penjepit permukaan pintu.

Jenis pintu karet mobil kedua yaitu karet pintu letter K, Dimana bentuknya seperti huruf K.  Jenis ini mempunyai daya rekat yang kuat dikarenakan desainnya yang lebih menyudut. Bahkan jenis karet ini dapat mencegah bahkan menahan benturan yang keras. 

Seperti itulah tips agar karet pintu mobil tahan lama dan awet. Dengan begitu Anda bisa lebih berhemat untuk menunda mengganti karet pintu yang baru. Tetapi jika memang harus diganti, maka gantilah jangan sampai merusak bagian yang lain. Karena itu Anda juga harus perhatian dalam melakukan pengecekkan agar hal semacam itu tidak akan terjadi nantinya pada karet pintu mobil tersebut.

Reporter : Dimas Elfarisi
Editor : Sulha Handayani