Netral English Netral Mandarin
18:36 wib
Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta akan menerapkan sistem baru agar tak ada lagi surat hasil tes Covid-19 palsu. Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan bahwa keterisian tempat tidur Intensive Care Unit (ICU) pasien Covid-19 di 101 rumah sakit rujukan telah mencapai 85 persen.
Begini Rangkaian Peringatan HKSN 2020 di Tengah Pandemi oleh Kemensos

Rabu, 16-December-2020 09:50

Acara peringatan HKSN oleh Kementerian Sosial.
Foto : Kemensos
Acara peringatan HKSN oleh Kementerian Sosial.
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Sosial (Kemensos) telah melaksanakan sebagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2020. HKSN jauh pada tanggal 20 Desember, namun puncak peringatan dilaksanakan pada 19 Desember 2020 di Kota Manado,  Provinsi Sulawesi Utara. 

Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto menyatakan, HKSN tahun ini mengambil tema ‘Kesetiakawanan Sosial Melawan Covid-19." 

"Tema ini sejalan dengan kondisi saat ini. Dimana kita perlu menyatukan semangat dan energi untuk berjuang melawan Pandemi," kata Edi di Jakarta, Selasa (15/12/2020).



Semangat gotong-royong diharapkan semakin kuat dan menjadi upaya bersama memutus mata-rantai Covid-19. "HKSN menjadi pengingat kerja bersama melawan Pandemi Covid-19," sambung Edi. 

Merebaknya pandemi mengharuskan peringatan HKSN tahun ini dilakukan secara berbeda dengan tahun sebelumnya. Mobilitas manusia tidak lagi semasif dulu, karena harus mematuhi protokol kesehatan.

Tahun 2020, HKSN dilaksanakan bersamaan dari 2 lokasi, yakni Istana Negara (daring) dan Gedung Mapalus (luring), Kantor Gubernur Sulawesi Utara, Kota Manado. Pertemuan luring diikuti 150 orang, dan pertemuan daring diikuti 5.000 orang mulai gubernur, wali kota, bupati, dan pilar sosial, LSM, orsos, generasi milenial, dan tokoh masyarakat.

Peringatan HKSN juga menampilkan acara pameran yang dapat disimak secara virtual tanggal 18 s.d 20 Desember 2020 melalui website : https:// pameranksn.kemensos.go.id. 

"Presiden Joko Widodo direncanakan memberikan amanat secara virtual dari Istana Negara. Kemudian Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) selaku Menteri Sosial Ad Interim Muhadjir Effendy akan hadir dalam puncak peringatan," katanya. 

Menuju puncak peringatan HKSN,  berbagai kegiatan sosial telah dilaksanakan baik di Jakarta dan  sekitarnya maupun di sejumlah tempat di Sulawesi Utara. Di antara kegiatan adalah penyaluran bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid -19 di Kota Bitung oleh Asia Muslem Charity Foundation (AMCF). 

Salah satu mitra Kementerian Sosial ini menyerahkan secara simbolis melalui Administrator AMCF Haerudin kepada Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri MM. Kemudian selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Bantuan yang diberikan oleh AMCF merupakan bentuk sinergi dan kerjasama antara Kementerian Sosial bersama mitra dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan penanggulangan covid-19.

Bantuan yang disalurkan berupa 50 unit solar lamp,  30 buah Al-Qur'an, 30 buah toiletries atau perlengkapan mandi anak, 100 buah peci atau kopiah, 100 buah jilbab , 1 unit kursi roda untuk penyandang disabilitas, 1000 buah permen, 70 paket buku tulis, dan 300 tas sekolah. 

AMCF juga memberikan masker untuk pencegahan dan pengendalian covid-19, sebagai bentuk komitmen untuk masyarakat dan pemerintah di tengah pandemi Covid-19. 

Masker yang dibagikan se-Provinsi Sulut sebanyak 1.200 pack dan di Kota Bitung sebanyak 180 pack masker. 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli