Netral English Netral Mandarin
21:56wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Belajar dari India, Ini Kunci Sukses Atasi Covid Varian Baru

Sabtu, 26-Juni-2021 20:20

Pasien covid varian delta kian membludak.
Foto : Healthcentre
Pasien covid varian delta kian membludak.
23

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - India sudah bisa menangani tsunami kasus Covid. Dan ternyata kunci penanganannya sebenarnya sama dengan apa yang selalu ditekankan dan diedukasi oleh dr RA Adaninggar, dr, SpPD.

“Prinsipnya varian apapun penanganannya sama yaitu protokol kesehatan, jauhi kerumunan/batasi mobilitas, dan vaksinasi. Negara kita kasus sedang tinggi, mungkin kita juga akan menghadapi tsunami Covid seperti di India kalau pemerintah dan masyarakat tidak bekerja sama untuk menghentikannya. Fasilitas kesehatan sudah penuh, sebentar lagi akan kolaps bila penularan tidak dibendung,” tutur dr Ning, dilansir dari Instagramnya, Jumat, (25/6/2021).

Menurut dia, menambah bed / tempat tidur pasien gampang, bisa bikin tenda darurat atau memberdayakan tempat-tempat penginapan. Tapi bagaimana dengan tenaga-tenaga kesehatannya? nakes juga banyak yang tumbang dan menambah jumlah nakes tidak semudah menambah bed, butuh waktu bertahun-tahun mencetak dokter atau perawat baru, dan tidak sedikit yang sakit hingga meninggal.

Lalu fasilitas pendukung seperti oksigen, sudah mulai terbatas di mana-mana, jadi cuma nambah tempat tidur tanpa pelayanan kesehatan yang optimal itu untuk apa?? Bagaimana juga pasien-pasien lain yang bukan Covid yang juga membutuhkan perawatan?, tulis dr Ning.

“Yuk boleh loh dicontoh sedikit bagaimana cara India menangani kondisi ini, pemerintah dan masyarakat ayo kerjasama semua.”

Ia menyarankan agar pemerintah melakukan testing dan tracing agresif, batasi mobilitas masyarakat secara tegas, percepat dan perluas cakupan vaksinasi, berantas hoax sampai ke akarnya.

Sementara dari masaryakat, patuh protokol kesehatan, dukung vaksinasi, lawan hoax dan tingkatkan literasi.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P