Netral English Netral Mandarin
14:30wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Benarkah Pil Hormonal jadi Pemicu Kanker Payudara?

Senin, 27-September-2021 14:20

Pil hormonal diwaspadi pemicu kanker payudara.
Foto : Halodoc
Pil hormonal diwaspadi pemicu kanker payudara.
15

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Professor Zubairi Djoerban, menjelaskan tentang kanker payudara, seberapa besar risikonya pada perempuan.

“Apa saja yang meningkatkan risikonya: Bila ada ibu, kakak atau adik kandung yang sakit kanker payudara, melahirkan anak pertama di usia tidak muda -minum obat hormonal ketika menopause -obesitas -jarang olahraga serta jarang makan buah dan sayuran,” tutur Pro Beri, dalam cuitannya di Twitter, Minggu, (26/9/2021).

Pada World Contraception Day, lanjut Beri, seberapa penting peringatan ini bagi orang dengan Lupus dan orang dengan HIV/AIDS: -Kontrasepsi hormonal (pil KB) boleh digunakan Odapus. Pil KB ada yang kombinasi estrogen + progestin. Ada juga yang progestin saja. Odapus aman memakai yang progestin.

Perempuan dengan HIV dan perempuan yang berisiko tinggi HIV aman menggunakan kontrasepsi hormonal. Kontrasepsi hormonal tidak melindungi dari HIV. Kondom masih direkomendasikan sebagai alat kontrasepsi yang dapat melindungi dari HIV. Baik kondom laki-laki maupun perempuan.

Kontrasepsi hormonal dapat tetap digunakan untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. “Metode lain yang paling efektif melindungi diri dari HIV adalah abstinence: sama sekali tidak berhubungan seks. Bisa?,” pungkasnya. 

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Wahyu Praditya P