3
Netral English Netral Mandarin
13:49 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
Berbekal Aplikasi Edit Video, Peluang Duit Ngalir Terus

Kamis, 28-January-2021 15:57

Ilustrasi Berbekal Aplikasi Edit Video, Peluang Duit Ngalir Terus
Foto : Klikdisini
Ilustrasi Berbekal Aplikasi Edit Video, Peluang Duit Ngalir Terus
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Ingin dapatkan penghasilan tambahan di tengah pandemi Covid-19? Salah satunya kuasailah aplikasi edit video.

Seperti kita ketahui, masa pandemi Covid-19 belum dapat dipastikan ka[an akan berakhir. Maka, segala usaha dipastikan alami dampak kurang sedap.

Bahkan, jumlah karyawan terkena PHK sudah jutaan. Sebabnya, banyak perusahaan kolaps sudah banyak sekali

Baca Juga :

Beberapa waktu lalu, Country Manager Jobstreet Indonesia Faridah Lim mengatakan berdasarkan hasil survei pihaknya terhadap 5.131 pekerja, tercatat sebanyak 35% pekerja terkena PHK. Sementara 19% lainnya dirumahkan sementara.

"Diberhentikan secara permanen 35?n dirumahkan 19 %. Itu data valid terjadinya PHK dari dunia usaha terhadap pekerja," kata Faridah dalam diskusi virtual, Rabu (7/10/2020).

Dia menjelaskan, sebanyak 67% yang kehilangan pekerjaan masih berusia muda, yaitu 18-24 tahun. Provinsi Bali menempati urutan pertama pengangguran baru sebanyak 79%, disusul Jawa Barat sebanyak 61%.

Menurut dia, mayoritas karyawan terdampak yakni hospitality/catering sebanyak 85%. Kemudian di posisi selanjutnya sektor pariwisata/travel mencapai 82%.

"Industri pakaian, garmen, tekstil juga mengalami dampak besar terhadap pemberhentian pekerja sebesar 71%, industri makanan dan minuman 69%, dan arsitektur bangunan 64%," ujarnya.

Mereka yang menjadi korban PHK, membutuhkan peluang-peluang usaha baru.

Sementara mencari pekerjaan yang sama, diperkirakan tidak mudah mengingat banyak perusahaan belum berani buka lowongan kerja seperti dalam kondisi sebelum pandemi.

Nah, di tengah situasi tersbut, ada baiknya melirik peluang usaha melalui keahlian mengolah video. Catatan ini mungkin bisa membantu bagi mereka yang mau mencoba tapi belum tahu memulainya dari mana.

Dari mengolah video, dapat menjadi modal awal untuk dilanjutkan menjadi vlogger, salah satunya. Bila mau lebih lagi, dapat dikombinasikan dengan pembuatan website.

Nah sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya mengetahui ragam aplikasi olah video atau edit video yang bisa kita gunakan.

Anda dapat memilih mana yang paling sesuai dan cocok. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Namun bila sudah terbiasa menggunakan salah satunya, biasanya akan menganggap aplikasi yang dikuasainya lebih mudah ketimbang aplikasi lainnya.

Nah, kalau dulu edit video mengandalkan personal computer (PC), kini sudah semakin canggih sebab edit video sudah bisa dilakukan melalui smartphone.

Pengguna pun tidak perlu repot-repot mengirim atau memindahkan file dari PC ke ponsel ketika hasil edit video selesai.

Dalam hitungan menit, hasil edit video dapat segera diunggah ke kanal YouTube ataupun media sosial lainnya langsung melalaui smartphone.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 aplikasi edit video vlog terbaik di smartphone yang dapat diunduh di PlayStore atau AppStore dengan mudah dan hampir semuanya gratis. Anda bisa memilih mana yang paling cocok.

1. Adobe Premiere Clip

Adobe Premiere Clip terkesan tak jauh beda dengan aplikasi edit video melalui PC milik perusahaan pengembang perangkat lunak (software) kenamaan Adobe.

Aplikasi yang dapat didapatkan pengguna Android maupun iOS ini memiliki fitur edit yang beragam meliputi fitur untuk memotong, memangkas, menambahkan transisi, musik, filter, serta efek aesthetic lainnya.

Keistimewaan lainnya, pengguna tidak akan direpotkan dengan iklan yang berseliweran. Selain itu, jika pengguna memiliki waktu terbatas untuk mengedit, maka dapat dilanjutkan keesokan harinya.

2. FilmoraGo

FilmoraGo didesain dengan tampilan sederhana yang mudah dipahami pengguna.

Di dalamnya terdapat beberapa fitur seperti penambahan tema yang variatif, pemotongan video, penambahan musik, hingga menggabungkan video-video pilihan.

Selain itu FilmoraGo memiliki efek seperti slow motion, transisi yang menarik, efek opening video dengan desain menarik, hingga pengaturan rasio video 1:1 hingga 16:9.

Hal tersebut dapat mempermudah penyesuaian video dengan platform yang ingin diunggah, misalkan di Snapgram untuk video berbentuk portrait, sementara untuk konten YouTube lebih baik menggunakan bentuk landscape.

3. KineMaster

KineMaster adalah aplikasi edit video besutan NexStreaming. KineMaster disebut memiliki tampilan yang mudah dipakai dan memiliki fitur yang menyerupai editor pada komputer, sehingga banyak pengguna yang menyukainya.

Biasanya YouTuber cenderung memilih menggunakan KineMaster karena memiliki fitur edit yang beragam, meliputi penambahan efek, filter audio, berbagai efek video, efek lucu, transisi dan berbagai fitur asyik lainnya.

4. PowerDirector

PowerDirector merupakan aplikasi edit video yang dapat digunakan di PC dan smartphone berbasis Android dan iOS.

Selain itu, aplikasi besutan perusahaan pengembang software CyberLink ini memiliki fitur yang mudah digunakan, sehingga tak butuh waktu lama bagi pengguna untuk menghasilkan produk video berkualitas.

PowerDirector menyediakan lebih dari 30 efek yang membantu mendukung konten lebih aesthetic. Uniknya, pengguna juga dapat membuat video green screen dengan aplikasi ini.

5. Quick

Sesuai dengan namanya, Quick didesain untuk hadir dengan penyedia edit video yang cepat prosesnya dan tidak ruwet.

Kesederhanannya ini mampu membuat video ter-edit secara otomatis, tanpa perlu banyak sentuhan.

Quick memiliki fitur template jadi, pengguna hanya perlu memilih video yang ingin diedit dari galeri smartphone-nya, lalu memilih template pilihan yang telah tersedia.

Namun jika ingin berkreasi sendiri, tentu saja pengguna masih bisa menambahkan efek, filter audio, berbagai efek video, efek lucu, transisi, dan berbagai fitur menarik lainnya.

Kemudian, video yang selesai diedit dapat disimpan dengan format kualitas video 1080p atau 720p, atau bahkan langsung dapat diunggah ke berbagai media sosial.

Selain itu, Quick dapat diunduh secara gratis bagi pengguna Android dan iOS dan tidak menampilkan iklan sama sekali.

6. VivaVideo

VivaVideo juga didesain dengan tampilan sederhana dan fitur yang lazim digunakan seperti pemotongan video, pemberian efek, musik, transisi dan beragam efek lainnya.

Selain itu, VivaVideo menyediakan ratusan efek dari stiker hingga klip dan subjudul animasi. Pengguna juga dapat menambahkan teks di dalam video.

Efek slow motion yang tersedia juga mampu membuat konten video semakin berkualitas dan menarik penonton.

7. Movie Maker Filmmaker

Aplikasi Movie Maker juga memiliki fitur mudah yang membuat pemula tetap dapat menghasilkan hasil editan video yang berkualitas.

Fitur-fiturnya meliputi efek video langsung, pemotongan dan penggabungan video, efek animasi teks, musik slideshow, dan masih banyak lagi.

Aplikasi besutan Microsoft ini memiliki hasil keluaran video yang memiliki resolusi tinggi, sehingga pengguna tak harus ragu untuk mengunggah hasil editannya ke kanal YouTube.

8. Inshot

Inshot memiliki fitur unggulan yang berupa template background musik versi pengguna. Inshot juga mampu memotong, menggabungkan video, dan menyisipkan efek musik.

Tak hanya itu, beberapa filter dan efek juga disediakan untuk memberikan suasana yang beda dengan gambar atau video aslinya.

Aplikasi edit video yang dapat digunakan pengguna Android dan iOS ini lebih sering digunakan untuk membuat blur background hingga penambahan teks, sebelum diunggah ke media sosial.

Pengguna juga dapat menambahkan berbagai stiker lucu untuk memberikan nilai lebih pada hasil editan video.

9. VideoShow

VideoShow memiliki beragam efek yang dapat digunakan untuk membuat film, rangkaian slide foto menjadi video, foto, stiker musik, dan efek suara.

Aplikasi yang dapat didapatkan pengguna Android maupun iOS ini memiliki fitur edit yang beragam meliputi fitur untuk memotong, memangkas, menambahkan transisi, musik, filter, serta efek aesthetic lainnya.

Tersedia 50 tema yang bisa dijadikan template untuk mempercantik video. Selain itu, pengguna juga bisa mengompres video agar menghasilkan ukuran file yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitas secara signifikan.

10. iMovie

Aplikasi iMovie disebut memiliki efek dan fitur tambahan edit video yang menarik dan sangat aesthetic. Namun, iMovie hanya bisa digunakan secara eksklusif di gadget berbasis iOS seperti iPhone, iPad, MacBook, dan iMac.

Beberapa fitur sangat mendukung untuk menciptakan video seperti video perjalanan. Efek green screen juga semakin menarik guna mengubah background video kita menjadi di tempat yang ingin dituju.

Jika pengguna memiliki waktu terbatas untuk mengedit, maka dapat dilanjutkan keesokan harinya.

Kemudian, pengguna dapat menyimpan hasil video yang sudah diedit di iCloud, dan dapat melanjutkan pengeditan di device lainnya.

Sudah menentukan aplikasi edit video vlog mana yang akan dipilih? Selamat mencoba!

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat Ujianto