Netral English Netral Mandarin
00:57wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
Berpotensi Kurangi Risiko Kematian Pasien COVID-19, Tiga Obat Baru ini akan Diuji WHO

Kamis, 12-Agustus-2021 13:50

Ilustrasi pasien COVID-19 di rumah sakit.
Foto : nih.gov
Ilustrasi pasien COVID-19 di rumah sakit.
15

JENEWA,NETRALNEWS.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan akan menguji tiga obat baru untuk COVID-19, yang akan melibatkan ribuan peneliti di lebih dari 600 rumah sakit di 52 negara.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan oleh WHO pada Rabu (11/8/2021), tiga obat baru tersebut yaitu artesunate untuk mengobati malaria parah, imatinib untuk mengobati kanker tertentu dan infliximab untuk mengobati gangguan sistem imun seperti penyakit Crohn (penyakit peradangan usus).

Obat-obat ini dipilih oleh panel ahli independen lantaran berpotensi mengurangi risiko kematian pada pasien COVID-19 rawat inap, dan disumbangkan untuk uji coba oleh para pengembangnya, kata WHO.

"Menemukan terapi yang lebih efektif dan dapat dijangkau untuk pasien COVID-19 masih menjadi kebutuhan kritis dan WHO bangga untuk memimpin upaya global ini," kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Dalam upaya sebelumnya, WHO telah menguji empat obat yakni remdesivir, hydroxychloroquine, lopinavir dan interferon.

Hasil awal menunjukkan bahwa keempat obat tersebut memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki efek pada pasien COVID-19 rumah sakit. Demikian seperti dilansir Antara dari Xinhua. 

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP