Netral English Netral Mandarin
02:01wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
Besok Firli Bahuri Diperiksa Komnas HAM, Tokoh Papua: Jangan Berharap kepada Komnas HAM

Senin, 07-Juni-2021 17:07

Ketua KPK Firli Bahuri
Foto : Antara Foto
Ketua KPK Firli Bahuri
14

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Besok, Selasa 8 Juni 2021, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dijadwalkan menjalani pemeriksaan oleh Komnas HAM. 

Pemeriksaan yang bakal dilakukan menyangkut soal pelaksanaan tes wawasan kebangsaan yang sebelumnya menjadi sorotan masyarakat Indonesia.

Namun, di mata tokoh Asal Papua, Christ Wamea, agenda pemeriksaan tersebut tak bisa dipercaya. Baginya Komnas HAM tak bisa diharapkan banyak.

“Jangan berharap kepada Komnas HAM,” kata Christ Wamea, 7 Juni 2021.

Untuk diketahui, Firli akan diperiksa terkait laporan 75 pegawai KPK tentang Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). 

"Undangan kami kepada pimpinan KPK itu besok. Tapi kami belum tahu apakah mereka akan datang, harapan kami sih datang lah," ucap Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat pada Senin, 7 Juni 2021.

Selain Firli Bahuri, Komnas HAM juga akan memanggil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana pada Rabu, 9 Juni 2021.

"Nanti menyusul yang lain-lain," kata Damanik seperti dinukil tempo.co.

Sebelumnya, 75 pegawai KPK yang tak lolos TWK mengadu ke Komnas HAM pada 24 Mei 2021. Dalam aduannya tersebut, mereka melampirkan laporan yang berisikan delapan hal yang dinilai sebagai bentuk dugaan pelanggaran HAM. 

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Sesmawati