Netral English Netral Mandarin
21:45wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
BI Catat Pertumbuhan Kredit Pada Triwulan II 2021 Tumbuh Positif

Selasa, 20-Juli-2021 21:40

Bank Indonesia
Foto : Istimewa
Bank Indonesia
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bank Indonesia (BI) menyatakan pertumbuhan kredit pada triwulan II 2021 secara triwulanan (qtq) tumbuh positif. Hal tersebut tercermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) permintaan kredit baru sebesar 53,9 persen.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan berdasarkan jenis penggunaan, pertumbuhan kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh jenis kredit. Yang tertinggi pada kredit modal kerja dengan SBT 45 persen. Kemudian diikuti oleh kredit konsumsi dan kredit investasi dengan SBT masing-masing sebesar 31,3 persen dan 13,3 persen.

"Pada triwulan III 2021 penyaluran kredit baru diperkirakan meningkat, terlihat dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru sebesar 87,1 persen atau lebih tinggi dibandingkan 53,9 persen pada triwulan II 2021. Peningkatan tersebut akan didorong oleh kredit modal kerja, diikuti oleh kredit konsumsi dan kredit investasi," kata Erwin dalam keterangannya, Selasa (20/7/2021).

Standar penyaluran kredit pada triwulan III 2021 diperkirakan tidak seketat periode sebelumnya. Hal itu terindikasi dari Indeks Lending Standard (ILS) sebesar 0,3 persen atau lebih rendah dibandingkan dengan 1,2 persen pada triwulan sebelumnya. Aspek kebijakan penyaluran yang diperkirakan tidak seketat triwulan sebelumnya antara lain plafon kredit, jangka waktu kredit, perjanjian kredit, dan agunan.

"Perkiraan pertumbuhan kredit pada 2021 sebesar 6,3 persen (yoy). Optimisme tersebut antara lain didorong oleh kondisi moneter dan ekonomi, serta relatif terjaganya risiko penyaluran kredit," pungkas dia. 

Reporter : PD Djuarno
Editor : Irawan HP