Netral English Netral Mandarin
18:19wib
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres memperingatkan dunia berada di jalur bencana lantaran pemanasan global yang terus berlangsung. Uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap 11 calon hakim agung usulan Komisi Yudisial (KY) di Komisi III DPR akan digelar pada pekan depan.
BI: Indeks Keyakinan Konsumen Periode Juli 2021 Turun Akibat PPKM

Selasa, 10-Agustus-2021 20:00

Ilustrasi bank Indonesia
Foto : Istimewa
Ilustrasi bank Indonesia
17

JAKARTA, NETRALNEWS.COM

Bank Indonesia menyatakan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada periode Juli 2021 tertahan bahkan cenderung menurun. Hal ini terjadi seiring dengan kebijakan pengetatan mobilitas untuk mengatasi peningkatan penyebaran varian Delta Covid-19.

Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono, mengatakan nilai IKK pada Juli 2021 sebesar 80,2 poin atau lebih rendah dibandingkan dengan periode Juni 2021 yang berada pada level 107,4. Menurunnya keyakinan konsumen pada Juli 2021 disebabkan asumsi bahwa kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan masih terbatas.

"Konsumen memperkirakan perekonomian 6 bulan kedepan masih terbatas baik dari aspek kegiatan usaha maupun ketersediaan lapangan kerja," kata Erwin dalam keterangannya, Selasa (10/8/2021). 

Meski demikian, ekspektasi konsumen terhadap penghasilan ke depan tetap terjaga pada area optimis. Pada saat yang sama, konsumen juga menganggap kondisi ekonomi saat ini belum sesuai yang diharapkan, ditengarai sejalan dengan penurunan aktivitas ekonomi dan penghasilan masyarakat yang lebih terbatas.

"Ini karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) Level 4 di berbagai wilayah di Indonesia," pungkas Erwin.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sulha Handayani