Netral English Netral Mandarin
12:06wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Biar Jelas Terekam Kamera ETLE, Plat Nomor Kendaraan Bakal Dirubah

Jumat, 13-Agustus-2021 05:30

Plat Nomor Kendaraan Bakal Dirubah
Foto : Istimewa
Plat Nomor Kendaraan Bakal Dirubah
16

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Dengan alasan agar lebih terang dan jelas ketika direkam CCTV atau kamera ETLE, Korlantas Polri berencana mengganti warna tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

Hal itu dikatakan Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigadir Jenderal Halim Paggara, bahwa penggantian warna pelat nomor ini bertujuan agar lebih mudah terekam atau terlihat oleh kamera CCTV atau kamera ETLE.

"Kalau warna hitam itu susah direkam kamera, sedangkan warna selain hitam lebih mudah terlihat, misalnya warna hitam, merah, atau kuning," kata Halim Kamis (12/8/2021).

Menurut mantan Dirlantas Polda Metro tersebut itu selain perubahan warna, pelat nomor kendaraan yang baru ini rencananya juga akan ditingkatkan spesifikasi teknisnya, mulai dari bahan atau material hingga catnya yang akan diganti menggunakan stiker.

Wacana penggantian warna pelat nomor kendaraan ini masih dalam tahap pembahasan oleh Korlantas Polri. Dalam kajiannya, turut dirinci soal jenis kendaraan apa saja yang nantinya akan menggunakan pelat nomor model baru tersebut.

Pergantian warna pelat nomor ini tercantum dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Dalam pasal 45 disebut bahwa akan ada empat warna dasar pelat nomor, yakni putih, kuning, merah, dan hijau.

Rencananya, penerapan plat nomor baru ini, bakal dilakukan bertahap. Dengan tahapan awal adalah pemilik kendaraan baru. Atau kendaraan baru daftar.

Kemudian kepada perpanjangan STNK 5 tahunan, balik nama atau perubahan nomor registrasi kendaraan bermotor (NRKB).

Berikutnya tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), menunggu masa pakainya habis. Pergantian warna baru ini, tertuang pada Pasal 45 Peraturan Kepolisian 7/2021).

TNKB sebagaimana dimaksud dalam Pasal 44 ayat (1) berwarna dasar putih, tulisan hitam untuk Ranmor perseorangan, badan hukum, PNA dan Badan Internasional.

Kemudian untuk kendaraan listrik, akan diberikan tanda khusus sesuai dengan keputusan Kakorlantas Polri.

Pelat nomor Putih dengan tulisan hitam akan ditujukan bagi kendaraan perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan badan internasional. Sedangkan warna kuning dengan tulisan hitam diperuntukkan bagi kendaraan umum.

Sementara pelat nomor merah dengan tulisan putih ditujukan bagi kendaraan instansi pemerintah. Lalu yang terakhir, pelat nomor hijau tulisan hitam akan digunakan pada kendaraan di kawasan perdagangan bebas dengan fasilitas bebas bea masuk.

Sebenarnya aturan ini berlaku pada 5 Mei 2021 lalu, namun masih ditunda untuk mempersiapkan proses dan kesiapan materialnya. Namun Korlantas Polri memperkirakan implementasi pelat nomor baru ini baru akan diberlakukan tahun depan.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sulha Handayani