Netral English Netral Mandarin
10:34wib
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku siap maju menjadi calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Presiden Joko Widodo ingin agar pelaksanaan penyuntikan booster vaksin Covid-19 dilakukan mulai awal 2022.
Bisa Menangkal Virus Corona, Mahasiswa Ini Manfaatkan Daun Kelor dan Kulit Ikan Patin Jadi Body Lotion

Jumat, 23-Juli-2021 15:00

Daun kelor.
Foto : Pinterest
Daun kelor.
20

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Lima mahasiswa Fakultas Ilmu Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) terinspirasi membuat body lotion dengan bahan daun kelor dan kulit ikan patin yang mampu mencegah infeksi virus corona atau COVID-19.

"Kami membuat body lotion ini karena terinspirasi dari maraknya penggunaan hand sanitizer yang justru menyebabkan dehidrasi pada kulit, sehingga kulit menjadi kering," kata salah seorang anggota tim pembuat body lotion tersebut Indri Dwi Fitria di Malang, Jawa Timur, Jumat (23/7/2021).

Kelima mahasiswa tersebut, adalah Indri Dwi Fitria, Rani Elvira, Jamiilah Zahrotul Jannah, Kevin dan Alfain Homis Fadil yang dibimbing dosen Muhammad Fakhri, S.Pi, M.P, M.Sc.

Indri mengatakan body lotion masih menjadi solusi bagi kebanyakan orang, karena memiliki manfaat untuk melembabkan dan menutrisi kulit. Namun, penggunaan bahan sintetis, seperti butylated hidroxytoluene (BHT) dan paraben pada body lotion memiliki efek negatif dalam pemakaian jangka panjang dan terbukti dapat beracun serta bersifat karsinogenik.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, lanjutnya, ia dan rekan-rekannya membuat losion tubuh dengan memanfaatkan kandungan flavonoid dalam daun kelor dan kolagen kulit ikan patin yang diberi nama Moristin atau singkatan dari Moringa oleifera dan kulit ikan patin.

"Kandungan daun kelor, seperti apilin, epicatechin dan hesperetin memiliki afinitas yang baik terhadap sisi aktif angiotensin converting enzyme 2 (ACE2), dapat menghambat proses interaksi SARS-Cov-2," tuturnya, seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, kata Indri, kolagen dari kulit ikan patin dapat dimanfaatkan untuk mencegah penuaan dini, mencegah keriput, melembabkan kulit dan menambah elastisitas kulit.

 

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP