• News

  • Bisnis

Perlu Anggaran Rp8,5 Triliun untuk Bangun Destinasi Super Prioritas

Labuan Bajo termasuk salah satu destinasi super prioritas.
Kemenpar
Labuan Bajo termasuk salah satu destinasi super prioritas.

JAKARTA, NETRALENWS.COM - Anggaran bagi pembangunan infrastruktur dan utilitas di 5 destinasi super prioritas yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang senilai Rp 9,5 triliun dan akan diselesaikan pada 2020.

Sementara, program dan kegiatan lintas kementerian/lembaga untuk pengembangan unsur 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibilitas) akan ditingkatkan secara terintegrasi. Demikian hasil kesimpulan dan tindak lanjut dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III 2019.

Dalam kesimpulan tersebut disebutkan dukungan dana pembangunan infrastruktur di 5 destinasi pariwisata super prioritas (DSP) sebesar Rp9,5 triliun dialokasikan dari anggaran lintas kementerian/lembaga (K/L) untuk tahun anggaran 2020.

Sejumlah program kegiatan antara lain peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pariwisata, pemberdayaan masyarakat, dan daya saing industri pariwisata di 5 DSP tetap dilanjutkan dan ditingkatkan secara terpadu.

Selain itu program kegiatan pengembangan pemasaran dan promosi di 5 DSP juga tetap dilanjutkan dan ditingkatkan secara terintegrasi.

Sementara itu sebagai tindak lanjut dari hasil Rakornaspar tersebut akan dilaksanakan rapat koordinasi lintas kementerian/lembaga untuk memastikan rencana aksi kegiatan dan penganggaran masing-masing dalam mendukung pengembangan 5 DSP. 

Selain itu dibentuk tim monitoring dan evaluasi terpadu lintas kementerian/lembaga untuk memastikan pembangunan infrastruktur dan utilitas dasar pariwisata di 5 DSP dilakukan oleh seluruh pihak (lintas sektor), kemudian perkembangan pelaksanaannya secara periodik per 3 bulan akan dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

Dalam siaran persnya, Sabtu (14/9/2019), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengapresiasi pelaksanaan Rakornas Pariwisata III 2019. Acara ini dihadiri perwakilan dari seluruh kementerian/lembaga terkait serta para kepala daerah (gubernur dan bupati) dari 5 DSP.

Rapat menghasilkan rumusan kesimpulan dan tindak lanjut untuk melaksanakan pembangunan infrastruktur dan utilitas serta program pendukungan pada tahun depan.

Menpar Arief Yahya menyatakan, pengintegrasian dukungan kementerian/lembaga dalam pengembangan DSP termasuk peningkatan daya saing SDM, masyarakat dan industri pariwisata menjadi fokus bahasan dalam rakornaspar.

Editor : Sulha Handayani