• News

  • Bisnis

Menanti 15 Tahun, Transmigran Kayong Utara Terima SHM Melalui Kemendes PDTT

Transmigran Kayong Utara menerima sertifikat hak milik tanah.
Kemendes PDTT
Transmigran Kayong Utara menerima sertifikat hak milik tanah.

KAYONG, NETRALNEWS.COM - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  (Kemendes PDTT) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi menyerahkan Sertifikat Hak Milik (SHM) Transmigrasi di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat.

Sertifikat diserahkan kepada Transmigran itu sebanyak 4.600 bidang, yang terdiri 4.545 untuk perorangan dan 55 untuk fasilitas umum.

Bupati Kayong Utara Citra Duani menyerahkan secara simbolis 100 bidang SHM kepada Transmigran dan eks Transmigran yang ada di Kecamatan Sukadana dan Kecamatan Simpang Hilir.

"Setelah penantian panjang dan kerjasama antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akhirnya masyarakat Kayong Utara menerima hak-nya yaitu SHM," kata Direktur Usaha Pengembangan Transmigrasi Supriadi, Jumat (14/2/2020).

Dia imbau pada masyarakat agar sertifikat yang sudah diamanatkan Presiden dijaga dengan baik dan dimanfaatkan secara optimal.

Dalam acara tersebut turut hadir Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kayong Utara, serta Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kayong Utara.

Supriadi mengharapkan, masyarakat yang telah menerima SHM tersebut memanfaatkannya untuk meningkatkan produktifitas pertanian setempat.

"Agar kesejahteraan warga meningkat. Istri dan anak tenang bila kesejahteraan keluarga bagus," kata dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P