• News

  • Bisnis

Sempat Tutup Tiga Bulan, Apa Benar Mall di Jakarta Keadaannya Berjamur? 

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DKI Jakarta Ellen Hidayat.
covid19.go.id
Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DKI Jakarta Ellen Hidayat.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia DKI Jakarta Ellen Hidayat menanggapi informasi yang beredar di tengah masyarakat mengenai kondisi mal berjamur. Dia menegaskan bahwa informasi tersebut bukan terjadi di Indonesia.

“Untuk diketahui, itu (informasi mal berjamur) tidak terjadi di Indonesia, itu terjadi di negara tetangga kita, sudah kita lakukan pengecekan," kata Ellen, saat berdialog Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Jumat (26/6/2020).

Ellen jelaskan, selama tiga bulan tutup, sebenarnya semua pusat belanja itu mengijinkan tenant-nya (penyewa) untuk datang melakukan bersih-bersih. "Jadi rutin dilakukan bersih-bersih,” sambung dia.

Ellen juga menjawab keresahan masyarakat mengenai kondisi makanan dan peralatan yang digunakan di tenant makanan. Kata dia, pada saat tutup, pihaknya tidak mengijinkan adanya bahan baku makanan yang tertinggal karena itu nanti akan mengeluarkan bau dan lain sebagainya. 

"Jadi, semua itu sudah dikembalikan ke tempatnya. Mereka mudah melakukan pembersihan kemudian membawa produk-produk baru,” tutur Ellen menegaskan peraturan pengelola mal berkaitan dengan kondisi makanan.

Menurutnya, semua resto sudah meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan juga higienitasnya. Resto kadang-kadang menggunakan buku menu sudah tidak dipegang, tidak disentuh. 

"Jadi menggunakan aplikasi dan juga menggunakan QR code,” imbuh Ellen dalam menjawab keresahan masyarakat mengenai peralatan tenant.

Ellen menutup dialog dengan menegaskan bahwa tidak ada batasan umur pengunjung mall dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam berkunjung.

“Jadi untuk DKI Jakarta, tidak ada batasan umur baik yang berusia atau yang 5 tahun ke bawah tidak boleh ke mal itu tidak ada," kata dia. 

Menurutnya, semua boleh ke mal karena pihaknya yakin bahwa semua keluarga tahu cara untuk merawat kesehatan dan juga keamanan masing-masing, di samping pusat belanja selalu menyediakan juga protokol kesehatannya.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P