• News

  • Bisnis

Inilah yang Dinanti Dunia dari Indoesia

Vanili menjadi bahan ekstrak ekspor ke berbagai dunia.
Farmer
Vanili menjadi bahan ekstrak ekspor ke berbagai dunia.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kementerian Perdagangan mengerahkan para perwakilan perdagangan di luar negeri, yaitu para Atase Perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) untuk mempromosikan produk-produk vanilibernilai tambah.

Hal ini mengingat besarnya potensi Indonesia menjadi basis ekspor vanili terbesar di dunia.

Salah satunya dapat tercapai melalui diversifikasi produk ekspor dengan tidak bergantung pada bahan mentah, tapi juga pengembangan hilirisasi produk olahan vanili. Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kasan dalam seminar web (webinar) ‘Peningkatan Peluang Ekspor Vanili’ yang diselenggarakan Senin (10/6).

“Hilirisasi dari pengolahan komoditas vanili, selain memberi nilai tambah dan meningkatkan daya saing, dapat memperbesar nilai ekspor vanili tanah air. Untuk itu, kami mengharapkan peran strategis dari Atase Perdagangan dan ITPCuntuk mempromosikan produk-produk vanilibernilai tambah,”jelas Kasan, dalam siaran persnya, Jumat, (14/8/2020).

Selain sebagai sarana bertukar informasi, webinar ini juga diharapkan menjadi pintu peluang penjajakan kesepakatan dagang antara eksportir dengan buyer potensial.

Kondisi pandemi ini menjadi momentum transformasi digital untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam upaya peningkatan ekspor, salah satunya melalui penjajakan kesepakatan dagang virtual.

“Sebagai tindak lanjut dari webinar ini,Kemendag akanmemfasilitasi temu bisnisdaringpara pelaku usaha Indonesiauntuk menembus pasarinternasional.

Atase Perdagangan dan ITPC diharapkan dapat mempertemukanbuyerpotensial dari negaranya dengan eksportir vanili bernilai tambah dari Indonesia,”imbuh Kasan.

Saat ini, terdapat lebih dari 110 jenis tanaman vanilidi dunia. Namun, yangbanyak dimanfaatkan sebagai bahan baku industri makanan dan minuman olahan serta sebagai komoditas ekspor Indonesia adalah jenis Vanilla Planifolia.

Menurut Direktur Pengembangan Produk Ekspor Olvy Andrianita, pengolahan vanilimenjadi produk bernilai tambah seperti ekstrak,sari, oleoresin,maupun bubuk, dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri kuliner. Selain itu, vanili juga dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik, parfum, herbal, dan minyak esensial.

Editor : Sulha Handayani