3
Netral English Netral Mandarin
17:25 wib
Menko Polhukam Mahfud MD membantah tudingan yang menyebut pemerintah melindungi jalannya Kongres Luar Biasa ( KLB) kubu kontra-Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan agar warga Jakarta untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat dan petir hari ini, Senin (8/3).
Blusukan Pernah Dilakukan Nabi dan Khalifah Umar, SGY Minta Anies Ikuti Jejak Risma

Jumat, 15-January-2021 21:50

Menteri Sosial, Tri Rismaharini berbicara kepada seorang gelandangan saat blusukan di Jakarta
Foto : Istimewa
Menteri Sosial, Tri Rismaharini berbicara kepada seorang gelandangan saat blusukan di Jakarta
11

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Ketua Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru (Katar), Sugiyanto (SGY) menilai, sanggahan Menteri Sosial, Tri Rismaharini terkait blusukan di Jakarta adalah settingan bagai bom yang menggetarkan dinding-dinding Kota Jakarta. Menurutnya, Jakarta gagal mendata para pemulung yang selalu berkeliaran di ibu kota. 

"(Pemprov) Jakarta gagal mendata para pemulung yang juga berhak mendapat bantuan?! Dari penjelasan Ibu Risma tersebut kita dapat menyimpulkan betapa blusukan Itu penting bagi pemimpin," kata Sugiyanto, di Jakarta, Jum'at (15/1/2021).

Menurutnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebaiknya mencontoh aksi blusukan ini karena aksi blusukan dipopulerkan oleh Gubernur DKI Jakarta sebelumnya, Joko Widodo. Bahkan, katanya, blusukan itu selalu dilakukan Rosullulah dan Khalifah Umar bin Khattab. 

"Seorang pemimpin yang suka blusukan pernah dicontohkan oleh sahabat Nabi Muhammad  SAW, Khalifah Umar bin Khattab," ujarnya.

Lebih lanjut pria yang akrab disapa SGY ini menjelaskan, pada suatu ketika, Kalifah Umar bin Khattab blusukan dimalam hari yang menjumpai rakyatnya yang kelaparan. Kala itu, sang Ibu sedang memasak batu untuk menghibur anak gadis kecilnya yang menangis karena kelaparan.

"Setelah mengetahui hal itu, Khalifah Umar bin Khattab segera kembali ke Madinah dan mengambil sekarung gandum. Khalifah Umar kembali lagi sambil mengangkat sendiri karung gandum tersebut di punggungnya," ungkapnya. 

Khalifah Umar sendiri, cerita SGY menyiapkan memasak makanan yang akan disantap oleh wanita itu dan anak-anaknya. Setelah masakan matang, Keluarga miskin itu pun menyantap makanan.  Melihat mereka bisa makan, barulah hati Khalifah Umar terasa tenang. 

"Kiranya cerita ini cukup memjadi pelajaran bagi para pemimimpin. Ibu Risma telah melakukan tugasnya sebagai pemimpin yang blusukan dipagi hari dan bertemu dengan orang miskin,  pemulung di Kota Jakarta. Beliau menemuinya, bertanya, dan memberi makan dan  membantunya," jelasnya.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Nazaruli