Netral English Netral Mandarin
04:51wib
Enam belas tim telah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Euro 2021) usai berlangsungnya matchday terakhir penyisihan grup, Kamis (24/6) dini hari WIB. Sejumlah daerah di provinsi Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta masuk kategori zona merah atau wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona (covid-19) dalam sepekan terakhir
BMKG: Gempa Bumi Guncang Tiga Kali Kabupaten Sigi

Sabtu, 01-Mei-2021 16:15

BMKG
Foto : Istimewa
BMKG
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stiasiun Geofisika Palu, Sulawesi Tengah menyatakan gempa bumi mengguncang tiga kali di lokasi yang hampir sama di Desa Lawua, Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi karena aktivitas Sesar Palu Koro, Sabtu.

Hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Palu, gempa pertama pukul 04.00 Wita dengan magnitudo 4,4, gempa kedua pukul 06.30 Wita dengan magnitudo 3,6, dan ketiga pukul 06.34 Wita dengan magnitudo 4,7.

"Yang terakhir dengan magnitudo 4,7 kedalaman enam kilometer, gempa ini yang dirasakan oleh beberapa masyarakat," ungkap Denny, staf BMKG Stasiun Geofisika Palu.

Ketiganya berkategori gempa dangkal, berpusat di Desa Lawua, Kecamatan Kulawi Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawei Tengah. Gempa ini disebabkan aktivitas Sesar Palu Koro.

"Ia karena Sesar Palu Koro, semuanya gempanya di darat," ujarnya

Hingga pukul 1300 Wita, BMKG menghitung ada lima kali gempa susulan yang terjadi, setelah gempa magnitudo 4,7 tersebut.

"Gempa susulannya sudah sampai lima kali, tapi skalanya terbilang kecil," kata dia.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa tersebut.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Jangan percaya informasi yang tidak benar, yang membuat panik," katanya.

Reporter : Antara
Editor : Wahyu Praditya P