Netral English Netral Mandarin
06:06wib
Putri salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates yakni Jennifer Gates, sudah resmi menikah dengan pacarnya. Ia menikah dengan pria muslim dari Mesir bernama Nayel Nassar. Tim bulu tangkis putri China menjadi juara Piala Uber 2020 setelah mengalahkan Jepang pada final yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Minggu (17/10/2021) dini hari WIB.
BMKG Peringatkan Potensi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah Ini

Jumat, 08-Oktober-2021 08:45

Ilustrasi Hujan
Foto : Istimewa
Ilustrasi Hujan
4

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi hujan lebat di beberapa daerah dengan terpantaunya bibit siklon tropis di dekat wilayah Indonesia yang meningkatkan potensi awan hujan. 

Menurut peringatan dini cuaca yang dikutip dari situs BMKG di Jakarta, Jumat (8/10/2021), beberapa daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai kilat dan petir adalah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.Daerah lain yang berpotensi mengalami hujan dengan intensitas lebih ringan adalah wilayah di Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Maluku Utara, dan Papua Barat. 

Sementara angin kencang berpotensi terjadi di Sumatera Selatan. 

BMKG memperingatkan beberapa wilayah masuk dalam kategori waspada banjir akibat cuaca pada hari ini, yaitu di Bengkulu, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua. 

Potensi hujan di Indonesia meningkat dipengaruhi faktor terpantaunya Depresi Tropis A di Laut China Selatan yang bergerak ke arah barat laut dengan potensi menjadi siklon tropis. Selain itu, Bibit Siklon Tropis 93W terpantau juga di Samudera Pasifik timur Filipina dan diprakirakan bergerak ke arah barat. 

Kedua sistem tersebut membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi. Kondisi-kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, daerah konfluensi serta daerah konvergensi.

Reporter : Antara
Editor : Sesmawati