Netral English Netral Mandarin
19:15wib
Presiden Joko Widodo mengatakan, kondisi dunia saat ini penuh dengan ketidakpastian dan persoalan yang lebih kompleks dibandingkan sebelumnya. Sistem perawatan kesehatan Singapura terancam kewalahan menghadapi lonjakan covid-19.
BMKG Prakirakan Beberapa Daerah Ini akan Dilanda Hujan Lebat Disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang

Kamis, 30-September-2021 09:00

Ilustrasi Hujan
Foto : Istimewa
Ilustrasi Hujan
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM  - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. 

Berdasarkan data yang dihimpun dari laman resmi BMKG di Jakarta, Kamis, cuaca tersebut berpotensi terjadi di Aceh, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat. 

Cuaca serupa juga diprakirakan terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Papua. 

Sementara, wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah Sumatera Barat, Jambi, Sulawesi Selatan, Papua Barat.BMKG juga mengeluarkan peringatan gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter di Perairan Utara Sabang, Perairan Barat Aceh hingga Kepulauan Mentawai, Perairan Pulau Enggano - Bengkulu, Perairan Barat Lampung, dan Teluk Lampung bagian Selatan. 

Kemudian, di Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian Selatan, serta Samudra Hindia Selatan Jawa hingga Nusa Tenggara Barat. 

Sedangkan gelombang sangat tinggi 4-6 meter diprakirakan terjadi di Samudra Hindia Barat Sumatra. 

Masyarakat pesisir dan bidang pelayaran diharapkan mewaspadai potensi gelombang tinggi tersebut.

Reporter : Antara
Editor : Nazaruli