Netral English Netral Mandarin
04:33wib
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memprediksi, puncak gelombang Covid-19 varian Omicron akan terjadi pada pertengahan Februari hingga awal Maret 202. Pemerintah mengakui kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami lonjakan akibat transmisi lokal varian Omicron dalam sepekan terakhir.
Bolu Marmer dengan Tekstur yang Lembut Teman Minum Teh dan Kopi, Ini Resepnya

Sabtu, 04-December-2021 22:30

Bolu Marmer
Foto : Resep kue renyah
Bolu Marmer
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Anda tentu sudah sering mendengar nama kue yang satu ini. Yup, kue marmer atau ada juga yang menyebutnya ‘kue jadul’ ini memang sudah ada sejak dahulu kala. Meskipun begitu, bolu marmer tetap memiliki peminatnya sendiri.

Salah satu variasi dari kue bolu ini memiliki ciri khas yang berbeda dari kue bolu lainnya, yaitu adanya motif atau corak berwarna coklat saat kue dipotong. Teksturnya yang sangat lembut dengan rasa enak ini dapat dijadikan sebagai teman camilan bersama teh hangat maupun kopi. Cara membuatnya terbilang sangat mudah dengan bahan yang sederhanaYuk simak bahan dan cara membuatnya seperti yang dikutip dari Resrp Koki.

Bahan I- 200 gram butter- 100 gram margarin - 300 gram gula pasir- 1/2 sdt vanili pasata - sejumput garam- coklat bubuk secukupnya

Bahan II- 9 butir kuning telurBahan III - 7 butir putih telur, kocok kaku, jangan overmix putih telurnya agar tidak berair

Bahan IV:- 200 gram terigu serbaguna - 10 gram maizena - 15 gram susu bubuk - Campur jadi satu dan aduk merata 

Cara membuat

1. Olesi loyang tulban ukuran 22 cm atau bundt teflon ukuran 22 cm dengan margarin tipis & merata. Kemudian taburi tepung tipis-tipis hingga merata

2. Panaskan oven dengan suhu kurang lebih 160°C (panaskan oven 15 menit sebelum memanggang kue)

3. Kocok butter, margarin dan gula dengan speed sedang. Kocok hingga merata dan terlihat agak sedikit putih.

4. Masukkan kuning telor satu persatu sambil terus di kocok dengan speed sedang, hingga merata dan terlihat mengembang. Jangan terlalu lama mengocok, cukup sampai terlihat lembut dan mengembang. Sisihkan.

5. Campur jadi satu tepung terigu, susu bubuk, dan maizena. Masukkan kedalam kocokan butter, margarin, dan gula, dengan cara diayak. Aduk balik dengan spatula hingga semua tercampur merata. Sisihkan.

6. Kocok putih telur hingga kaku. Jangan terlalu lama mengocok agar tidak menjadi berair kembali.

7. Masukkan sedikit kocokan putih telur ke dalam kocokan butter & margarin tadi. Aduk balik hingga merata.

8. Masukkan sisa putih telur (jangan langsung menuang semua kocokan putih telur, karena endapan air yang ada dibawahnya harus dibuang supaya kue tidak bantat). Aduk balik hingga merata.

9. Untuk membuat pola marmer dari adonan coklat, ambil adonan kurang lebih 5 sdm besar, tambahkan coklat bubuk, aduk hingga bener-benar merata.

10. Masukkan adonan putih ke dalam loyang hingga setengah loyang. Lalu tumpuk dengan dengan menuang adonan coklat. Bentuk motif marmer dengan bantuan tusuk sate, lalu tumpuk lagi dengan adonan putih.

11. Beri sedikit adonan coklat di atas permukaan adonan putih. Bentuk motif marmer kembali di atasnya.

12. Ketok-ketok pelan loyang yg berisi adonan tadi kira-kira 2-3 hentakan.

13. Masukkan ke dalam oven, panggang hingga matang. 20 menit pertama gunakan suhu kurang lebih 170°C. Setelah itu bisa diturunkan sedikit suhunya. Panggang hingga matang

14, Segera keluarkan dari loyang, bila kue sudah matang. Sajikan.

Reporter : Sesmawati
Editor : Sulha Handayani

Berita Terkait

Berita Rekomendasi