Netral English Netral Mandarin
21:47wib
Sekretaris Jenderal Majelis Pimpinan Nasional Pemuda Pancasila (PP) Arif Rahman mengatakan pihaknya tidak pernah didatangi oleh Kapolda atau Kapolres yang baru dilantik di daerah. Baca artikel CNN In Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Ahmad Riza Patria memastikan tidak akan menghadiri kegiatan Reuni 212.
Bolu Sakura tanpa Telur Cocok Disajikan saat Santai dengan Minuman Hangat, Begini Cara Membuatnya

Minggu, 24-Oktober-2021 13:00

Bolu Sakura
Foto : Istimewa
Bolu Sakura
18

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kebanyakan kue atau bolu selalu menggunakan telur sebagai bahan dasar. Telur digunakan sebagai sumber protein, juga pengembang alami bagi cake ataupun kue. Jumlah telur yang digunakan bervariasi, penggunaan putih dan kuning telur pun memiliki takaran masing-masing.

Namun bagi Anda penggemar bolu yang tidak dapat mengonsumsi atau sedang diet mengurangi telur, tidak perlu khawatir untuk menikmati bolu. Kami punya resep untuk membuat Bolu Sakura tanpa menggunakan telur, lho. Yuk intip resepnya seperti yang dikutip dari Baca Resep Dulu.

Bahan-bahan

- 200 gram gula pasir 

- 325 gram air panas

- 25 ml susu kental manis 

- 50 mlmargarin,  lelehkan

- 225 gram tepung terigu

- ½ sdt soda kue

Cara membuat

1. Lelehkan 100 gram gula pasir di atas api kecil hingga menjadi karamel.

2. Tuang air panas perlahan sambil diaduk hingga gula larut, angkat dan biarkan uap panasnya hilang.

3. Tuang susu kental manis dan margarin sambil diaduk hingga rata.

4. Campur sisa gula, terigu dan soda kue. Aduk rata.

5. Masukkan adonan dalam cetakan bolu sakura beroles margarin.

6. Kukus hingga matang selama 15 menit. Angkat dan dinginkan, sajikan.

Tips: Pastikan adonan bolu benar-benar kental, cirinya adalah adonan menjadi berat saat diaduk, dan saat adonan diambil dengan jari dan dibalik, adonan tidak terjatuh.

Pastikan panci kukusan sudah dalam kondisi panas dan airnya mendidih. Masak di atas api besar. Karena dorongan uap air yang kuat akan membantu proses merekahnya adonan. Jangan terlalu banyak meletakkan cetakan adonan dalam sekali pengukusan, karena akan mengurangi ruang gerak uap air.

Bolu Sakura ini sangat cocok untuk disajikan di saat santai dengan minuman hangat favorit keluarga Anda. Selamat mencoba!

Reporter : Sesmawati
Editor : Nazaruli

Berita Terkait

Berita Rekomendasi