Netral English Netral Mandarin
05:42 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Bongkar Dana yang Diminta DPRD DKI, DS: Satu Orang 700 Juta, Kenyang2 padahal...

Sabtu, 05-December-2020 12:36

Denny Siregar
Foto : Istimewa
Denny Siregar
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Denny Siregar menyoroti persoalan anggaran Rencana Kerja Tahunan (RKT) DPRD DKI Jakarta tahun 2021, melalui akun FB dan Twitternya, Sabtu (5/12/20).

Ia mengatakan: "Katanya ini rincian anggaran yang diminta anggota DPRD DKI Jakarta.. Satu orang dapet 8 milyar setahun, atau 700 juta sebulan. Ada 106 anggota dewan, totalnya jadi 888 milyarrrr, sodara sodaraaaa.."

"Itu baru setahun, mereka jabat 5 tahunn.. Banyak yaaaaa... Kenyang2 mereka, padahal sodaranya ada yang dirumahkan, usahanya ditutup kr corona, tapi wakilnya gendut2 perutnya..," kata Denny.



Sementara dalam akun Twiternya, ia mencuit: "Eh, tumben @PDemokrat  juga ikut menolak. Mungkin melihat situasi ga menguntungkan partai.."

"Tinggal @Gerindra  @fpdip_jakarta  dannnnn PKS tentunya... Mari kita pantau terus, sodara2..," imbuh Denny.

Sebelumnya diberitakan pula bahwa, rancangan anggaran Rencana Kerja Tahunan (RKT) DPRD DKI Jakarta tahun 2021 jadi sorotan. Pasalnya, setiap anggota legislatif dialokasikan anggaran sebesar Rp8,3 miliar.

Di DPRD DKI Jakarta, ada 106 anggota legislatif. Dengan demikian, anggaran RKT tahun 2021 yang diajukan mencapai Rp888 miliar.

Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Santoso menginstruksikan Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI untuk menolak kenaikan anggaran dan fasilitas yang tercantum dalam RKT DPRD DKI 2021.

"Kita ini sedang prihatin, ekonomi sedang lesu akibat terimbas Covid-19. Tidak etis kalau DPRD minta naik fasilitas dan tunjangan lainnya," kata Santoso kepada Kantor Berita RMOLJakarta, Jumat (4/12).

Santoso mengingatkan bahwa kenaikan RKT DPRD DKI yang nilainya fantastis akan
menyakiti hati rakyat.

"Secara tegas saya ingatkan agar 10 orang anggota Fraksi Demokrat DPRD DKI, baik yang ada diunsur pimpinan AKD ataupun anggota biasa semuanya harus fokus bekerja untuk kepentingan rakyat. Jangan menyakiti hati rakyat," kata Santoso yang juga Anggota Komisi III DPR ini.

"Harapan rakyat adalah perjuangan Demokrat. Itulah yang harus diutamakan," sambungnya.

Seperti diketahui usulan kenaikan gaji dan tunjangan anggota DPRD DKI Jakarta terjadi di tengah kemerosotan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Kenaikan gaji tersebut tertuang dalam RKT 2021 mencapai Rp 888 miliar untuk 106 anggota DPRD DKI Jakarta.

Rancangan Anggaran RKT 2021 tersebut tertuang setiap anggota bisa mengantongi uang sebesar Rp 8,3 miliar per tahun atau Rp 689 juta per bulan apabila setiap kegiatan dalam RKT terlaksana.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Taat