Netral English Netral Mandarin
03:25wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
Bosan Croffle Melulu, William Gozali Buat 13 Varian Waffle Anti Mainstream Seperti Tahu Gejrot, Nasi Padang Hingga Bubur!

Minggu, 08-Agustus-2021 11:30

William Gozali da  masakannya.
Foto : Instagram
William Gozali da masakannya.
40

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Akhir-akhir ini viral di media sosial, kudapan bernama Croffle. Makanan itu merupakan paduan dari Croissant dan Waffle, karena memang adonan croissant yang berlapis-lapis di masak di alat panggangan waffle. 

Bosan Croffle melulu, Jebolan Master Chef Indonesia William Gozali (Wilgoz) membuat 13 varian waffle anti mainstream. Bahan dasarnya rata-rata merupakan kuliner khas Indonesia dan tidak asing bagi masyarakat. 

Selain itu dia juga tampak memiliki dua buah alat panggang waffle. Pertama warna putih, yang menghasilkan waffle berbentuk hati dan alat warna hitam yang menghasilkan waffle berbentuk kotak. 

Uniknya, dia juga menyantap hasil masakan ala makan di restoran. Dia mengenakan kain lap dapur sebagai serbet yang diletakkan di dada, meski tampak ada noda. Kemudian dia kerap menyantap dengan pisau dan garpu, hingga sumpit. 

Berikut ini 13 varian waffle ala Wilgoz, yang dirangkum dari unggahan video di media sosialnya: 

Mendoan 

Alih-alih menggoreng tempe di dalam minyak panas di wajan, Wilgoz justru memasak mendoan menggunakan alat memasak waffle. Mau tahu caranya? 

Tempe kotak diiris tipis, kemudian siapkan tepung serbaguna instan, beri irisan daun bawang, air, minyak dan aduk hingga rata. Panaskan alat waffle, letakkan sebuah tempe yang sudah dilumuri adonan tepung, lalu masak hingga matang dan nikmati dengan sambal kecap dengan irisan bawang merah.  

“Ternyata ada juga seorang penista makanan... tempe kalo keterlaluan kyk gini pengen di tempeleng,” ujar salah satu Juri Master Chef Indonesia Arnold Poernomo di kolom komentar. 

Ketoprak 

Makanan Indonesia yang selanjutnya dijadikan waffle adalah ketoprak. Dia menyiapkan mangkuk, dan menuang semua isian dari ketoprak mulai dari ketupat, bihun dan tauge, diberi minyak goreng sedikit dan digunting-gunting agar ukurannya lebih kecil. 

Setelah ketoprak sudah digunting-gunting, kemudian dia memanaskan alat pemasak waflle dan dituang adonan ketoprak, lalu panggang hingga matang. Setelahnya dia pindahkan waffle ketoprak ke piring, diberi telur dadar, kerupuk, lalu dituang bumbu kacang. 

“Salahnya sama makanan maknan itu apa si ama lu?? Semua dijadiin waffle anjg! Salahnya mereka jadi ketoprak martabak dll aa sih? Kenapa musti maksain jadi waffle???,” komentar Chef Arnold lagi. 

Martabak Manis Keju 

Wilgoz juga menyulap martabak manis keju menjadi waffle. Amat mudah, tinggal memanaskan alat pembuat waffle dan meletakkan dua buah potogan martabak manis lalu panggang hingga matang. 

Menurut Wilgoz, rasa waffle martabak manis keju tetap enak tetapi terasa kering. 

Mi Instan 

Siapa yang tidak suka mi instan? Orang Indonesia tentu familiar dengan makanan siap saji yang satu ini. Tetapi ada cara berbeda dari Wilgoz untuk menikmati mi instan. 

Dia merebus mi dan mengaduk dengan bumbu instan seperti biasa, kemudian dia meletakkannya ke atas alat pembuat waffle. Wilgoz juga turut menambahkan irisan sosis yang dipotong memanjang. 

Setelah matang, dia pindahkan waffle mi ke piring. Diberi topping telur setengah matang, mayonais, irisan daun bawang, serta taburan katsuobushi yakni produk olahan dari ikan cakalang asap. 

Bubur Ayam 

Wilgoz bahkan menerima tantangan dari Chef Arnold untuk membuat waffle dari bubur ayam. Caranya, bubur ayam dia aduk kemudian langsung dimasak dengan alat waffle. 

Hasilnya tipis, tampak sedikit sulit diangkat namun berhasil berbentuk waffle.Wilgoz langsung menikmati waffle bubur ayam dengan sambal dan kerupuk yang garing. 

Gyoza

Beberapa kali membuat waffle dengan bahan makanan Indonesia, Wilgoz juga ternyata sempat membuat waffle dengan makanan non Indonesia yakni Gyoza. 

Sebelum membuat waffle dari Gyoza, Wilgoz sebelumnya menambilkan dan menjabarkan berbagai bahan dan langkah memasak Gyoza. Ketika sudah berbentuk Gyoza, dia kemudian memanggangnya di atas alat waffle. 

Arem-arem Oncom 

Arem-arem oncon merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang biasanya sering ditemukan saat bulan puasa tiba. Makanan yang satu ini amat cocok dimakan dengan gorengan berserta dengan sambal kacang yang sedikit encer. 

Nah, Wilgoz bereksperimen dengan membuat waffle arem-arem oncom. Dia membuka arem-arem dan menghilangkan daun pisangnya, kemudian meletakkannya dia atas alat waffle, diberi minyak dan dipanggang hingga matang, kemudian disajikan dengan sambal kacang. 

”Bgst Goz! Gw nyesel lu menang mci kalo Cuma semua di jadiin waffle!,” komentar Chef Arnold lagi. 

Siomay Bandung 

Siomay Bandung yang sudah kering juga disulap Wilgoz menjadi waffle. Caranya tinggal meletakkan siomay di atas alat waffle, diberi sedikit minyak lalu dipanggang hingga hangat dan kecokelatan. Tidak lupa disantap dengan kecap, saus dan sambal.

”Siomay dingin di waflle in,” tulis Wilgoz. 

Donat Gula 

Donat kampung dengan taburan gula putih bubuk tetu jadi salah satu jajanan kegemaran masyarakat Indonesia. Teksturnya empuk, rasanya manis gurih dan mengenyangkan. 

Makanan ini pun disulat Wilgoz menjadi waffle lho. Caranya tinggal meletakkan dua buah donat ke atas alat waffle, diberi sedikit taburan gula pasir, lalu ditekan dan di masak dengan alat waffle. 

Burger dan Kentang 

Wilgoz juga membeli makanan siap saji yang terkenal. Dia kemudian menjadikan roti burger menjadi waffle. Di masak bagai waffle juga untuk isi daging dan keju hingga meleleh dan menjadi garing. 

Dia juga menyulap kentang menjadi waffle. Kentang goreng dipotong menjadi ukuran lebih kecil dan diberi parutan keju, lalu di masak di atas alat waffle. Hasilnya garing dan rasanya gurih. 

Nasi Padang 

Bayangkan, Nasi Padang dengan lauk ayam panggang, sambal ijo dan lalapan daun singkong disulap menjadi waffle. Meski kedengarannya aneh, tetapi hal itu dilakukan pula oleh Wilgoz. 

Caranya nasi padang dituang ke mangkuk, beserta lalapan dan sambal. Lauk ayam kemudian di suwir-suwir dan diberi sedikit minyak. Lalu letakkan di atas alat pemanggang waffle. Tara... Jadilah waffle nasi padang. 

Tahu Gejrot 

Tahu gejrot merupakan salah satu jajanan pinggir jalan. Rasa tahu yang gurih berpadu dengan cuko yang pedas manis tentu jadi jajanan favorit banyak orang. 

Wilgoz menyulap tahu gejrot menjadi waffle dan diberi nama tajrotfel. Caranya siapkan mangkuk, tuang sedikit tepung, potongan tahu kulit, dan garam kemudian aduk. 

Adonan tahu lantas dipanggang di atas alat waffle. Masak hingga kering, lengkapi dengan saus cuko dengan ulekan cabai rawit dan bawang. 

”Croffle mulu lu,” tulis pria berkacamata dan bertatto itu.  

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani