Netral English Netral Mandarin
04:00wib
Relawan Sahabat Ganjar kembali melakukan deklarasi mendukung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai calon presiden 2024. Penembakan seorang ustad bernama Armand alias Alex di depan rumahnya Jalan Nean Saba, Kelurahan Kunciran, Kecamatan Pinang, Tangerang hingga kini masih menjadi misteri.
Bukan Emping, Inilah Delapan Makanan Penyebab Utama Asam Urat

Minggu, 01-Agustus-2021 17:00

Daging merah pemicu utama asam urat.
Foto : alodokter
Daging merah pemicu utama asam urat.
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Pernahkah persendian Anda terasa ngilu dan setiap bangun tidur badan terasa pegal di sekitar jari jemari, pergelangan tangan atau kaki? Waspadai kemungkinan besar Anda terrena penyakit Asam Urat.

Asam urat atau gout merupakan kondisi gangguan metabolisme asam urat di dalam tubuh. Asam urat yang kadarnya terlalu tinggi adalah pemicu utama masalah ini. Peningkatan kadar asam urat akan membuat kristalnya menumpuk dan menyebabkan peradangan pada sendi. Parahnya, asam urat bisa menurunkan fungsi ginjal dan membentuk batu ginjal.

Inilah mengapa mengetahui makanan penyebab asam urat menjadi penting sekali. Waspadai, seseorang yang menderita gout biasanya akan sering mengalami pembengkakan di sendi secara tiba-tiba. 

Persendian yang berisiko bengkak adalah ibu jari kaki, pergelangan kaki, lutut, pergelangan tangan, jari tangan, dan siku.

Jika Anda sudah merasa demikian, maka hindarilah lima makan utama ini. Dilansir dari berbagai sumber termask halo sehat,beriktu lima makanan utama penyebab asam urat.

Daging Merah

Daging merah adalah makanan penyebab asam urat tinggi yang harus diwaspadai. Mulai dari daging sapi, daging kambing, daging domba, daging kerbau, dan daging kuda. Makanan penyebab asam urat ini harus dihindari karena memiliki kandungan purin cukup tinggi.

Purin dari makanan penyebab asam urat bisa memicu asam urat tubuh terus naik dan tidak terkendali. Dampaknya tentu saja akan membuat peradangan penderita asam urat semakin parah. Begitu juga membuat masalah asam urat terus kambuh dan membuat penderitanya tidak nyaman.

Daging Ayam

Selain daging merah, penderita asam urat harus menghindari daging ayam. Daging ayam termasuk makanan penyebab asam urat tinggi. Hal ini disebabkan karena daging ayam, dari dada sampai kulitnya mengandung purin tinggi.

Bukan menghindari sepenuhnya, melainkan membatasi makanan penyebab asam urat ini. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa meningkatnya asam urat di dalam tubuh, karena daging ayam mengandung 175 mg/100 gram zat purin.

Udang

Jangan konsumsi udang berlebihan terutama bagi penderita asam urat. Udang termasuk makanan dengan kandungan purin 9-10 mg setiap 100 gramnya. Udang adalah makanan penyebab asam urat tinggi yang harus dihindari.

Seporsi kecil makanan penyebab asam urat ini, sekitar 3.5 ons mengandung sekitar 200 mg kolesterol dalam sekali konsumsi. Jumlah terbilang sudah sangat berlebihan dan membahayakan tubuh. Penderita asam urat bisa sampai mengalami komplikasi jantung dan stroke karenanya.

Jeroan

Bagi para pecinta jeroan, menghindarinya adalah petaka. Mulai dari usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, dan ginjal. Jeroan-jeroan ini termasuk makanan penyebab asam urat tinggi.

Jadi memang makanan penyebab asam urat ini harus dihindari, karena makanan ini mengandung purin tinggi. Bisa menyebabkan peradangan asam urat semakin parah. Sekaligus membuat asam urat kambuh tiba-tiba.

Seafood

Golongan seafood selalu bisa bikin ketagihan makan. Lezat, menggugah selera, dan bergizi pula. Sayangnya seafood termasuk makanan penyebab asam urat tinggi.

Makanan penyebab asam urat memiliki kandungan purin tinggi yang bisa memperparah asam urat. Memicu peradangan hebat dan kekambuhan tak terkendali. Jika terus dikonsumsi, seafood bisa memicu komplikasi.

Kembang Kol

Mengonsumsi sayur kol memang terkenal menyehatkan. Kondisi ini berbeda bagi penderita asam urat tinggi. Kembang kol memiliki kandungan purin tinggi dan termasuk makanan penyebab asam urat tinggi.

Kandungan purin dalam makanan penyebab asam urat ini sebesar 51 gram purin tiap 100 gramnya. Jumlah ini terbilang cukup tinggi dan membahayakan asam urat penderita. Asam urat bukanlah sesuatu yang mudah dikeluarkan tubuh secara alami.

Buncis

Buncis adalah makanan penyebab asam urat. Buncis merupakan salah satu jenis sayur yang sangat populer di Indonesia. Sayur yang memiliki nama lain green beans ini sering diolah menjadi berbagai macam menu masakan, seperti gulai buncis, oseng-oseng, dan aneka tumisan.

Meski mengandung beragam manfaat untuk kesehatan, mengonsumsi buncis secara berlebihan bisa menyebabkan asam urat. Buncis memiliki kandungan fruktosa cukup tinggi, sehingga termasuk makanan penyebab asam urat. Oleh karena itu, bagi penderita asam urat, sebaiknya menghindari konsumsi buncis secara berlebihan.

Pisang

Siapa yang tidak mengenal pisang? Buah yang memiliki kulit berwarna kuning ini sangat populer di Indonesia. Selain memiliki cita rasa yang manis, pisang memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan. Namun, siapa sangka mengonsumsi buah ini secara berlebihan bisa menyebabkan asam urat.

Pisang menjadi salah satu makanan penyebab asam urat karena mengandung fruktosa yang bisa mengingatkan asam urat. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari mengonsumsi buah ini secara berlebihan.

Reporter : Sulha Handayani
Editor : Sesmawati