Netral English Netral Mandarin
00:55wib
Pemerintah Indonesia kritik Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang luput menyoroti kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di negara-negara maju. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin pada Sabtu (25/9/2021) dini hari.
Bukan Invermectin! Ini Obat Terbaru Rekomendasi WHO untuk Covid-19

Kamis, 08-Juli-2021 05:00

Ada beberapa obat Covid yang direkomendasi WHO.
Foto : WHO.
Ada beberapa obat Covid yang direkomendasi WHO.
12

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bukan Invermectin, ternyata ada obat lain yang direkomendasikan organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk pasien Covid-19.

Tocilizumab atau Sarilumab (IL-6 Receptor Blockers) direkomendasikan untuk pasien Covid-19 berat atau kritis. Sedangkan Ivermectin hanya untuk uji klinis. 

Keterangan ini berdasarkan informasi yang dari Living Guideline Covid-19 WHO yang terbaru. 

Informasi ini juga yang dibagikan oleh dr Adam Prabata, PhD Candidate in Medical Science at Kobe University melalui cuitannya di Media Sosial Twitter.

"Halo pemerintah, gak mau sediain tocilizumab aja daripada ivermectin?," tanya dr Adam, Rabu (7/7/2021).

Dokter Adam menegaskan, informasi itu sudah memastikan bahwa ada obat yang jelas-jelas direkomendasikan. Dokter yang kerap menyuarakan berbagai informasi Covid-19 heran, pemerintah justru mendorong dan mengirim, kesana kemari, obat yang rekomendasinya hanya boleh untuk uji klinis.

"Yuk pemerintah, udah direkomendasiin loh ini tocilizumab dan sarilumab untuk pasien Covid-19 berat dan kritis," tegas dr Adam.

Dia harap, berbagai obat yang direkomendasikan WHO bisa segera didorong pengadaannya oleh pemerintah. Dorongan ini disampaikan mengingat kasus Covid-19 sedang menanjak, termasuk yang berat dan kritis.

"Daripada dorong pengadaan obat-obat yang belum jelas bukti ilmiahnya untuk Covid-19 kan? (ivermectin, oseltamivir, azitromisin, favipiravir)," tanya dr Adam.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani