3
Netral English Netral Mandarin
01:35 wib
Timnas Indonesia U-23 akan berhadapan dengan Bali United dalam laga uji coba yang akan berlangsung hari ini. Pemerintah masih menganggap persoalan di tubuh Partai Demokrat yang berujung pada Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang merupakan persoalan internal partai.
Cara Mudah Merawat si Cantik Merah Aglonema, Cocok bagi Anda Penyuka Tanaman Pemula

Sabtu, 06-Februari-2021 16:15

Tanaman hias Aglonema
Foto : Agrofarm
Tanaman hias Aglonema
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Selama pandemi banyak hal positif yang bisa Anda lakukan. Mulai dari belajar memasak, membuat kue, merangkai bunga, memelihara hewan rumahan, atau memulai menanam tanaman hias.Di antara jenis tanaman yang paling mudah dirawat bagi Anda yang pemula menyukai tanaman hias adalah aglonema. Jenis tanaham ini mimang beragam, tapi bagi Anda yang juga tetap sibuk dengan pekerjaan kantoran meski dikerjakan di rumah, memilih aglonema paling tepat.

Dirangkum dari berbagai sumber, termasuk laman merawat tanaman, berikut cara memelihara aglonema merah agar terlihat cantik dan tentu saja subuh daunnya.Kompos

Gunakan pupuk kompos

Untuk campurannya, gunakan kompos daun yang dapat dibuat dari sampah organik dan pasir dengan komposisi 3:1.Umumnya, aglonema lipstik ditanaman di pot. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyusun batu bata atau pecahan genting di dasar pot. Setelah itu, isilah dengan media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya.

Intensitas Penyiraman yang Tepat

Media tanam yang cocok untuk tanaman hias daun ini adalah yang tidak terlalu kering atau basah. Oleh karena itu, intensitas penyiraman tanaman hias ini harus sangat diperhatikan.

Penyiraman dapat dilakukan satu kali dalam sehari atau sesuaikan dengan tingkat kelembapan dari media tanam. Selain itu, pastikan agar air yang digunakan untuk menyiram adalah air bersih yang tidak mengandung kaporit.

Pemupukan Tanaman

Idealnya, tanaman hias ini harus diberikan pupuk setiap tiga bulan sekali. Jangan lupa untuk menggunakan pupuk khusus tanaman hias daun. Jika Anda tidak yakin dengan pupuk yang dipilih, mintalah rekomendasi kepada penjual pupuk atau orang yang kompeten dalam bidang ini.Selain pupuk khusus, kamu juga bisa menggunakan pupuk alami yang terbuat dari air cucian beras.Pastikan untuk memakainya pada media tanam, bukan pada daun atau batang tanaman.

Penempatan Tanaman

Agar aglonema lipstik dapat tumbuh dengan baik, pastikan agar tanaman ini disimpan di tempat yang teduh. Pasalnya, tanaman hias daun ini tidak menyukai pancaran sinar yang terlalu banyak.

Oleh karena ini, Anda bisa meletakkannya di teras rumah atau ruangan dengan akses cahaya yang dekat serta sirkulasi udara yang lancar.

Perawatan Daun

Keindahan tanaman ini terpancar dari daunnya. Oleh karena itu, kamu harus memastikan agar tampilan daunnya dapat terlihat mengilat, cantik, dan sempurna. Anda bisa membeli semir daun atau cara alami dengan menggunakan susu.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti untuk merawat daun aglonema lipstik.

Alat yang Harus Disiapkan

Spons halusSusu bubukAmpas kelapaAir

Hal yang Harus Dilakukan untuk Merawat Daun AglonemaMelapisi daun aglonema dengan airBasahi spons dengan air bersihLap seluruh daun dengan spons tersebut.Aglonema akan terlihat lebih bersih mengilat.Melapisi daun aglonema dengan susuCampur air dan susu bubuk.Celupkan spons pada campuran tersebut.Lap seluruh daun dengan spons tersebut.Aglonema akan tumbuh lebih subur setelah dilapisi dengan susuMelapisi daun aglonema dengan ampas kelapaOles daun aglonema lipstik dengan ampas kelapaDaun tanaman ini akan terlihat mengilat dan tumbuh subur

Hal yang harus diperhatikan: Sebelum melapisi daun aglonema dengan susu, aplikasikan fungisida pada daun aglonema karena sisa susu biasanya mengandung bakteri.

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani