Netral English Netral Mandarin
banner paskah
21:16wib
Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin, Senin (10/5/2021), mengumumkan lockdown atau penerapan perintah kontrol pergerakan (MCO) di seluruh wilayah negara untuk mencegah penyebaran Covid-19. Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1442 Hijriah pada hari ini, Selasa (11/5) secara daring dan luring.
Cara Pendamping PKH Sadarkan KPM untuk Rela Graduasi Mandiri 

Rabu, 05-Mei-2021 09:08

Pendamping PKH Kabupaten Aceh Barat mengadakan Kegiatan P2K2 Spesial Ramadhan dengan menggandeng Akademisi dari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Foto : Kemensos
Pendamping PKH Kabupaten Aceh Barat mengadakan Kegiatan P2K2 Spesial Ramadhan dengan menggandeng Akademisi dari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
3

ACEH BARAT, NETRALNEWS.COM – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Aceh Barat mengadakan Kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2 Spesial Ramadhan) dengan menggandeng Akademisi dari Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. 

“Khusus Bulan Ramadhan Kita Melaksanakan P2K2 yang berkolaborasi dengan Akademisi atau Dosen yang juga sebagai Penceramah Agama, selain memberikan materi pada modul P2K2 seperti biasanya juga ditambahkan dengan Tausiyah Keagamaan yang disampaikan oleh Bapak Dr. Fajran Zain, M.A,” kata Koordinator Kabupaten Aceh Barat Mawardi di Aceh Barat, seperti dalam keterangan yang Netralnews terima, Rabu (5/5/2021).

Dia mengatakan, pelaksanaan P2K2 Spesial Ramadhan untuk Bulan April dilaksanakan kepada 27 kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dalam Wilayah Kecamatan Johan Pahlawan. 

Selain sebagai tambahan ilmu keagamaan dan Ibadah dalam bulan ramadhan kegiatan Tausiyah ini juga menyinggung penyadaran diri KPM untuk rela Graduasi Mandiri dari kepesertaan PKH dengan tanpa dipaksa atau digraduasi secara sejahtera oleh pendamping PKH. 

Misalnya di Kecamatan Johan Pahlawan, sebanyak 30 KPM mengundurkan diri dari bulan Maret sampai dengan Bulan April, dan 160 KPM se-Kabupaten Aceh Barat. 

Pada Tausiyahnya, Fajran menyinggung KPM PKH bisa mandiri, tidak hanya menerima bantuan tapi diharapkan kedepannya bisa menjadi pemberi bantuan. Ada beberapa KPM yang langsung mengundurkan diri dihadapan peserta lain, seperti di desa Ujong Baroeh. 

"KPM tersebut merasa tidak layak lagi menerima bantuan PKH, sehingga dia ingin keluar agar bisa memberikan kesempatan kepada Masyarakat kurang mampu lain yang belum menerima bantuan PKH” katanya. 

Koordinator PKH Kecamatan Johan Pahlawan Sri Dieka mengatakan Kegiatan P2K2 yang dibarengi dengan tausiyah agama dapat menjadi salah satu cara jitu dalam meningkatkan kesadaran bagi KPM PKH untuk bisa menjadi mandiri melalui perubahan mindset.

"Maka kegiatan ini sangat berpengaruh dalam rangka percepatan graduasi KPM PKH,” ujar Sri Dieka. 

Selama Kegiatan P2K2 dilakukan, Pendamping PKH Kecamatan Johan Pahlawan secara bergiliran mendampingi Kegiatan P2K2 dan Tausiyah Ramadhan pada kelompok atau desa masing masing dampingan. 

Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Drs Mustafa Kamal sangat mendukung kegiatan P2K2 Spesial Ramadhan, dia berharap pada bulan bulan lain juga dilaksanakan kolaborasi yang sedemikian rupa. 

“Kegiatan ini sangat positif dilakukan untuk meningkatkan persentase graduasi mandiri kalau bisa tidak hanya pada bulan ramadhan saja tetapi dilaksanakan juga pada bulan lain,” katanya.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Wahyu Praditya P