Netral English Netral Mandarin
08:39 wib
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan vaksinasi COVID-19 kedua kalinya masih dengan vaksin Sinovac yang dilaksanakan di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu (27/1/2021). Komjen Listyo Sigit Prabowo resmi dilantik sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) yang baru. Pelantikan ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.
Catat ! Mulai Hari Ini, Keluar Masuk Jakarta Wajib Sertakan Rapid Antigen

Jumat, 18-December-2020 11:20

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo
Foto : Istimewa
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo
10

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Guna menekan angka penularan virus Corona (Covid-19), Pemprov DKI Jakarta mulai hari ini, Jumat (18/12/2020), mewajibkan warga yang masuk dan keluar menyertakan hasil tes rapid antigen.

Aturan itu baru ini berlaku selama 3 minggu yaitu pada Jumat (18/12/2020) hingga Jumat (8/1/2021) atau selama masa mudik Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Rabu (16/12/2020), mengatakan pemberlakuan tes rapid antigen itu berlaku mulai Jumat (18/12/2020).



Menurut dia, penyertaan hasil rapid tes antigen itu sudah menjadi kebijakan nasional. Peraturan baru itu berlaku untuk warga yang menggunakan transportasi umum baik darat, laut, maupun udara. Namun, tidak berlaku bagi warga yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Jadi baik itu angkutan udara, angkutan laut, dan terminal bus," kata Syafrin.

Bagi warga yang menggunakan kendaraan pribadi tetap menyertakan hasil rapid tes antibodi.

Seperti diketahui, pemberlakuan rapid antigen untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 pada libur Natal dan Tahun Baru.

"Rapid test antigen itu kan menjadi kebijakan nasional, artinya bagi maskapai bagi yang akan membeli tiket itu diwajibkan calon penumpangnya melampirkan hasil rapid test antigen," kata Syafrin di Jakarta beberapa waktu lalu.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pemberlakuan rapid antigen itu masih dalam kajian. Menurutnya, ada 3 hal penting yang menjadi fokus Pemprov DKI saat ini yaitu: perayaan Natal, Tahun Baru, dan libur akhir tahun.

Reporter : Wahyu Praditya P
Editor : Sesmawati