Netral English Netral Mandarin
04:43wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Catat, Ini 10 Sektor Usaha yang Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi

Rabu, 13-Oktober-2021 05:00

Ilustrasi bahan kebutuhan pokok yang diperdagangkan di pasar,
Foto : Istimewa
Ilustrasi bahan kebutuhan pokok yang diperdagangkan di pasar,
8

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sepuluh komoditas, produk, dan jenis usaha berpotensi tetap catat pertumbuhan di tengah pandemi COVID-19, karena mendukung kebutuhan pokok masyarakat. 

Hal itu disampaikan Ahmad Sarbini dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Bidang Koperasi dan UMKM ini menjelaskan, 10 komoditas, produk, dan jenis usaha, itu merupakan hasil penelitian bersama dengan beberapa instansi, salah satunya Bank Indonesia.

Sepuluh komoditas, produk, dan jenis usaha, yang berpotensi tetap tumbuh adalah warung makan, restoran, aneka kue, toko kelontong.

Selanjutnya adalah, industri tempe, jasa pemrograman komputer, sewa menyewa peralatan, rumah makan padang, toko sembako, dan produk fesyen.

Ia mengatakan, untuk mendukung pengembangan UMKM diperlukan pembangunan basis data untuk mengetahui sebaran usaha mikro kecil secara spasial untuk pengawasan dan pembinaan berkelanjutan.

Selain itu, menjaga ketahanan pangan, digitalisasi UMKM, peningkatan daya saing UMKM, dukungan pembiayaan dan didukung penjaminan dari Jamkrida serta pengembangan produk unggulan ekspor UMKM.

"Pengembangan UMKM digital ini tantangan ke depan, begitu juga pembiayaan yang merupakan masalah klasik yang perlu mendapat perhatian," katanya seperti dilansir dari Antara.

Reporter : Antara
Editor : Irawan HP