3
Netral English Netral Mandarin
04:52 wib
Salah satu pendiri Partai Demokrat (PD), Hencky Luntunngan, menyebut KLB dipastikan akan digelar pada Maret ini. Pemerintah memutuskan mencabut aturan mengenai investasi industri minuman keras yang tercantum dalam lampiran Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.
Catat! PPKM Mikro Sudah Berlaku, Anda Tak Boleh Berkumpul Lebih dari Tiga Orang

Rabu, 10-Februari-2021 17:45

PPKM mikro sudah diberlakukan di lingkungan RT/RW.
Foto : Ayobandung
PPKM mikro sudah diberlakukan di lingkungan RT/RW.
0

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mulai Selasa,(9/2/2021), PPKM Tingkat RT Berlaku: Warga Dilarang Berkumpul Lebih dari 3 Orang, Keluar Masuk Wilayah RT Maksimal Pukul 20.00.

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro akan mulai diberlakukan Selasa 9 Februari 2021 hingga 22 Februari 2021.

Hal tersebut tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro dan Pembentukan Posko Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Tingkat Desa dan Kelurahan sampai dengan tingkat RT/RW untuk Pengendalian Covid-19.

"Pemberlakukan PPKM Mikro mulai berlaku sejak 9 Februari 2021 hingga 21 Februari 2021,” sebut pertaruan Mendagri ini.

Dalam aturan tersebut, pelaksanaan PPKM Mikro disebutkan melibatkan seluruh unsur, yakni mulai dari Kepala Desa/Lurah sebagai ketua pelaksana, lalu Ketua RT/RW, Satlinmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, PKK, Posyandu, Dasawisma, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, serta relawan lainnya.

Berikut ini adalah skenario pengendalian PPKM Mikro hingga ditingkat RT:1. Menemukan kasus suspek dan pelacakan kontak erat.2. Melakukan isolasi mandiri/terpusat dengan pengawasan ketat.3. Menutup rumah ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial.4. Melarang kerumunan lebih dari 3 orang.5. Membatasi keluar masuk wilayah RT maksimal hingga Pukul 20.00.6. Meniadakan kegiatan sosial masyarakat di lingkungan RT yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan.

 

 

Reporter : Sulha
Editor : Sulha Handayani