Netral English Netral Mandarin
03:36wib
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mewacanakan mengganti maskapai BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dengan Pelita Air milik PT Pertamina (Persero). Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) akan menggelar unjuk rasa mengevaluasi 2 tahun kinerja Jokowi-Ma'ruf bersama Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak), Kamis (28/10).
China-ASEAN Expo Hasilkan Kesepakatan Bisnis Rp664 Triliun

Kamis, 16-September-2021 06:00

China-ASEAN Expo
Foto : Istimewa
China-ASEAN Expo
18

BEIJING, NETRALNEWS.COM - Pameran perdagangan dan investasi China-ASEAN Expo (CAExpo) ke-18 yang berakhir di Nanning, Daerah Otonomi Guangxi, China, pada Senin (13/9) membuahkan 779 kesepakatan bisnis senilai total 300 miliar yuan atau sekitar Rp664 triliun.

Nilai itu meningkat 13,7 persen dibandingkan ajang yang sama pada tahun lalu, demikian media resmi setempat pada Rabu, mengutip pernyataan Sekretariat CAExpo.

Sebanyak 148 aktivitas promosi ekonomi dan perdagangan serta 28 forum tingkat tinggi digelar selama pameran yang berlangsung di wilayah China selatan itu.

China telah lama memiliki gedung pemanen CAExpo yang berdiri di atas lahan seluas 100.000 meter persegi di Kota Nanning. Gedung tersebut mampu menampung 5.400 stan pameran.

Pada tahun ini lebih dari 1.500 perusahaan, termasuk sejumlah perusahaan dari Indonesia, turut meramaikan ajang tahunan tersebut.

Pihak penyelenggara menyiapkan lahan seluas 20.000 meter persegi untuk perusahaan asing, naik 13,4 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

CAExpo ke-19 akan digelar pada 16-19 September 2022 di tempat yang sama dengan menunjuk Malaysia sebagai negara kehormatan.

Untuk kali kedua dalam dua tahun, Pakistan turut serta dalam gelaran CAExpo.

Presiden Pakistan Arif Alvi memberikan sambutan melalui video pada acara pembukaan pada Jumat (10/9/2021).

"China sangat mengapresiasi itu (keterlibatan Pakistan). Pakistan menghadiri pertemuan dan pameran sebagai negara mitra khusus untuk yang kedua kalinya," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian di Beijing, Rabu.

Dalam dua tahun terakhir, ASEAN telah mengambil alih posisi Uni Eropa dan Amerika Serikat sebagai mitra dagang terbesar China.

Reporter : Antara
Editor : Wahyu Praditya P