Netral English Netral Mandarin
00:54wib
Lebih dari 4.300 orang telah meninggal dunia akibat "jamur hitam" di India yang umumnya menyerang pasien-pasien Covid-19. Gojek, Grab, dan ShopeeFood membantah terlibat dalam seruan aksi demo nasinonal Jokowi End Game yang berlangsung hari ini.
China Tuding Amerika dan Negara Barat Lakukan Kejahatan Genosida

Rabu, 30-Juni-2021 11:59

Diplomat China untuk PBB Jiang Duan.
Foto : Xinhua
Diplomat China untuk PBB Jiang Duan.
21

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Seorang Diplomat China untuk PBB bernama Jiang Duan menuding bahwa negara barat seperti Amerika Serikat dan  Kanada telah melakukan kejahatan genosida. Pernyataan Jiang itu dilontarkan saat sidang ke-47 Dewan HAM PBB pada tanggal 28 Juni waktu setempat.

Dalam pidatonya, Jiang mengimbau agar masyarakat internasional secara menyeluruh menyelidiki kejahatan mereka, serta mengusut pertanggungjawaban para pelaku.

Jiang Duan mengatakan bahwa kejahatan genosida adalah kejahatan internasional serius yang telah diakui umat manusia. Kejahatan genosida pernah membawa bencana tragis bagi umat manusia, dan efek destruktifnya masih ada sampai sekarang.

Dalam waktu hampir seratus tahun setelah AS berdiri, melalui gerakan ke bagian barat AS, orang Indian atau penduduk asli di benua Amerika telah diusir dan dibantai secara sewenang-wenang.

Populasi Indian Amerika merosot dari 5 juta pada akhir abad ke-15 menjadi 250 ribu pada awal abad ke-20. Hingga kini, orang Indian masih tinggal di “reservasi Indian” dimana sangat terpencil, sunyi dan sepi.

Kanada secara paksa mengirim 150 ribu anak-anak pribumi ke sekolah asrama untuk “berasimilasi”. Sekurangnya 3.200 anak-anak dianiaya sampai mati. Ini hanyalah secuil dari jumlah penduduk pribumi yang terbunuh dalam genosida Kanada.

Negara-negara Barat lainnya juga melakukan kejahatan genosida yang berat dan kejahatan kemanusiaan dalam proses menjajah dan menginvasi negara lain.

Jiang Duan menyatakan bahwa masyarakat internasional memiliki tanggung jawab untuk melakukan penyelidikan yang komprehensif, adil dan mendalam atas semua kejahatan genosida, mengusut pertanggungjawaban pelaku, mencegah impunitas, dan menghilangkan racun rasisme dan diskriminasi rasial kejahatan genosida. Demikian dilansir dari Xinhua

Reporter : Widita Fembrian
Editor : Widita Fembrian