Netral English Netral Mandarin
15:50wib
LSI Denny JA menilai, PDI Perjuangan berpotensi akan mengalami kekalahan jika mengusung Ketua DPR Puan Maharani sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia menegaskan fasilitas kesehatan di Indonesia bisa tumbang dalam 2-4 minggu jika pengendalian pandemi tidak diperketat.
Covid-19 Bisa Ditularkan dari Ibu ke Bayi yang Belum Lahir? 

Jumat, 26-Maret-2021 13:50

Di tengah Pandemi Covid-19 timbul berbagai pertanyaan oleh ibu hamil.
Foto : Parenting
Di tengah Pandemi Covid-19 timbul berbagai pertanyaan oleh ibu hamil.
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Di tengah Pandemi Covid-19 timbul berbagai pertanyaan oleh ibu hamil, diantaranya apakah Covid-19 bisa ditularkan ibu ke bayi yang belum lahir atau yang baru lahir?

Mengetahui hal ini, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Dr dr Zubairi Djoerban SpPD-KHOM turut angkat bicara.

Kata dia, sampai sekarang, virus ini belum ditemukan di sampel cairan amniotik atau ASI. Tapi, penelitian pada 101 bayi di New York mendapati, ada dua bayi terinfeksi Covid-19 dari ibu yang positif.

Prof Zubairi juga menyampaikan, menurut laporan terbaru dari CDC AS menunjukkan bahwa Covid-19 juga terkait dengan kelahiran prematur.

"Ibu hamil yang terinfeksi Covid-19 mempunyai risiko 25 persen lebih tinggi untuk memiliki bayi prematur," kata Prof Zubairi, Jumat (26/3/2021).

Lantas, haruskah ibu hamil yang hendak melahirkan menjalani tes Covid-19 Menurutnya, direkomendasikan untuk tes. Sebab, jika positif, tentu sang ibu akan membutuhkan perawatan khusus.

Selain itu, menurutnya ibu hamil yang positif Covid-19 tidak diharuskan operasi caesar. Operasi caesar diperlukan ketika dibenarkan secara medis dan memang ada indikasi-indikasi tertentu yang diputuskan oleh dokter kandungan.

Beranjak terkait dengan menyusui, diketahuinya ada dua pendapat. Ada yang membolehkan jika si ibu memakai masker, lalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi. Tapi ada juga pendapat ahli yang meminta ibu dijauhkan sementara dari bayinya.

Lebih lanjut Prof Zubairi tegaskan bahwa ibu menyusui boleh divaksin. Selain itu tidak ada pula alasan untuk menunda kehamilan setelah menerima vaksin Covid-19.

Prof Zubairi juga pastikan bahwa vaksin tidak memengaruhi kesuburan. Makin banyak bukti beberapa vaksin seperti Pfizer, Moderna, dan Johnson&Johnson ternyata aman untuk ibu hamil. "Kalau merek lain, saya tidak tahu," sambung dia.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani