Netral English Netral Mandarin
11:54wib
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi tentang peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Minggu 1 Agustus 2021. Seluruh gerai Giant di Indonesia resmi tidak lagi beroperasi di Indonesia mulai hari ini, Minggu (1/8/2021).
Covid Varian Delta Sudah Tersebar di Indonesia, Apakah Vaksin yang Ada Melindungi?

Rabu, 16-Juni-2021 12:10

Ilustrasi Covid
Foto : Istimewa
Ilustrasi Covid
9

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Varian Covid-19 yang ada di India sudah terdeteksi wilayah Indonesia. Varian penularannya lebih harus diwaspadai. Lalu, apakah vaksin yang ada bisa melindungi?

"Teka-teki Varian Delta dari India atau B1617.2 terus menjadi bahasan. Mulai dari gejalanya yang mirip flu biasa, lebih menular, hingga menginfeksi lebih banyak anak-anak. Pertanyaan besarnya: apakah vaksin yang ada melindungi kita dari Varian Delta?," tulis profesor Zubairi Djoerban seperti dilansir di akun resmi twitternya, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Menurutnya, Mengapa Delta lebih menular? Karena varian ini memiliki mutasi yang membantunya menyebar sekaligus menghindari sistem imunitas secara parsial.

Lalu, dalam utasnya Varian ini mengkhawatirkan? Analisis di The Lancet menunjukkan bahwa risiko masuk rumah sakit dua kali lipat pada mereka yang memiliki varian Delta--dibandingkan dengan Alpha (Inggris). Risiko juga meningkat pada mereka yang memiliki komorbid.

Vaksin melindungi kita dari varian ini?"Kabar baiknya iya. Studi di Inggris terhadap belasan ribu orang yang terinfeksi Delta mengungkap itu. Pfizer-BioNTech memberikan 96 persen perlindungan, sementara AstraZeneca memberikan 92 persen," tulisnya lagi.

Sebelumnya, Satgas Covid-19 mengumumkan bahwa varian Covid-19 dari India sudah menjangkiti 28 orang masyarakat yang ada di kota Kudus.

Reporter : PD Djuarno
Editor : Sesmawati